Serentak di Indonesia, Dandim 0212/TS Laksanakan Penanaman Mangrove di Natal

Kegiatan penanaman Mangrove di Natal ditutup dengan poto bersama Dandim 0212/TS, Kapolres Mandailing Natal, fhoto : Istimewa.
Kegiatan penanaman Mangrove di Natal ditutup dengan poto bersama Dandim 0212/TS, Kapolres Mandailing Natal, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Komandan Kodim (Dandim) 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution bersama Kapolres Mandailing Natal AKBP. M. Reza Chairul AS, S.IK, S.H, M.H menyaksikan secara teleconference penanaman Mangrove serentak se- Indonesia yang dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, Senin (15/5/2023)

Kegiatan itu dibuka Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dari Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara , bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri KKP Wahyu Trenggono, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan juga para kepala staf angkatan.

Dalam kesempatan itu, Komandan Kodim (Dandim) 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution bersama Kapolres Mandailing Natal AKBP. M. Reza Chairul AS, S.IK, S.H, dan sejumlah perangkat daerah juga melaksanakan penanaman mangrove bersama di bibir pantai Desa Pasar VI, Kecamatan Natal, Kab : Madina, Provinsi Sumatera Utara.

Dandim 0212/TS, Letkol Inf. Amrizal Nasution dalam keterangan Pers nya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan program nasional.

“Ya, ini program nasional yang berkelanjutan dan hari ini merupakan puncak penanaman Mangrove yang dibuka langsung oleh bapak Presiden RI. Kegiatan ini pun serentak di seluruh wilayah Indonesia,” ucap Letkol Inf. Amrizal Nasution pada awak media.

Lebih lanjut, Dandim 0212 menjelaskan, puncak penanaman Mangrove ini diikuti 77 lokasi Se-Indonesia.

“Untuk Kabupaten Mandailing Natal, sudah ada penanam Mangrove sebelumnya, namun hari ini ditambah lagi sebanyak 500 batang bibit Mangrove.”ujarnya.

Read More

Dijelaskan Amrizal, banyak manfaat dari penanaman Mangrove, salah satunya untuk mencegah Abrasi Pantai. Dandim 0212/TS, Letkol Inf. Amrizal, berharap kedepannya kelestarian Mangrove dapat dijaga bersama terlebih masyarakat pesisir pantai.

Sementara itu, Kapolres Mandailing Natal, AKBP. M. Reza Chairul AS, S.IK, S.H, M.H, ketika dimintai tanggapan atas kegiatan tersebut menyampaikan kesiapan Kepolisian untuk mendukung program TNI yang juga merupakan program nasional.

“Pastinya kami dari Polri pasti mendukung apa yang sudah di programkan oleh TNI dan kehadiran kami merupakan salah satu bentuk dukungan kami.”ujar Kapolres Mandailing Natal.

Terpantau, kegiatan ini juga dirangkai dengan tari-tarian tradisional pantai barat untuk menyambut kedatangan rombongan Dandim 0212/TS dan Kapolres Mandailing Natal.

Turut hadir, Kasatpol Air Iptu Ali Akbar, Danramil 17 Natal Letda Chb. Elman, Camat Natal Ali Sahbana Nasution, S.P, Kepala Rutan Kelas II B Natal, Arip Herdian, A.Md.IP, S.H. mewakil Cabjari Natal, Dan Pos AL dan para Kepala Desa serta Lurah Se- Kecamatan Natal. (Ali)