Warga Temukan Harimau Sumatera Terperangkap di Desa Pastap Julu

Seekor Harimau Sumatera berjenis kelamin betina ditemukan warga Desa Pastap Julu, terperangkap jerat babi hutan. fhoto : istimewa.
Seekor Harimau Sumatera berjenis kelamin betina ditemukan warga Desa Pastap Julu, terperangkap jerat babi hutan. fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Warga menemukan seekor harimau Sumatra terjebak di sekitar kebun warga Desa Pastap Julu, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (20/5/2023)

Camat Tambangan Muslih S.Sos, mengatakan, satwa tersebut diketahui terperangkap oleh salah seorang warga Dembak (35) pada jumat (19/5/2023) pagi.

“Dembak pergi menyadap aren ke kebun, setibanya dikebun ia melihat seekor harimau sumatera terperangkap, ia langsung menyampaikan kepada warga sekitar dan seterusnya dilaporkan ke pihak berwajib.”ujar Muslih kepada Warta Mandailing lewat sambungan telepon.

Diceritakan Muslih, Kata Dembak, sejak tiga hari yang lalu harimau tersebut memang berkeliaran di areal itu, bahkan ia sempat melihat satwa itu saat menerkam babi hutan dan berendam di Sungai daerah Aek Nalomlom perkebunan warga.

“Atas penemuan Harimau itu oleh Dembak pada Jumat pagi, selanjutnya pihak berwajib dan forkopimcam langsung menurunkan tim penyelamat satwa liar ke lokasi penemuan Harimau tersebut.”jelas camat.

Hasil pemeriksaan dilapangan ditemukan Harimau Sumatera jenis kelamin betina yang terjebak jerat babi di kebun milik warga di Daerah Aek Nalomlom.

“Kandang transit telah disiapkan, Selanjutnya Tim dari TNBG dan BKSDA serta dokter hewan mengeksekusi satwa yang dilindungi itu dengan cukup berhati-hati.”ujar Camat.

Read More

Sikap, tindakan yang dilakukan untuk melindungi warga perlu se-segera mungkin untuk ambil, harimau itu ahirnya dapat dieksekusi dan diamankan sabtu sore.

“Setelah dieksekusi dengan cermat, satwa tersebut selanjutnya di evakuasi dengan memakai kandang menuju kantor TNBG di Panyabungan malam ini.”tutup Muslih. (Syahren)