Ini Daftar 14 ABK dan Kerugian Kapal Tenggelam di Perairan Pulau Tamang Madina

14 ABK kapal nelayan tenggelam di Perairan Pulau Tamang, 12 sehat di mess Pemkab Madina Batahan, dua orang lagi masih dirawat karena lemas dan trauma, Senin (14/8/2023) fhoto : Istimewa.
14 ABK kapal nelayan tenggelam di Perairan Pulau Tamang, 12 sehat di mess Pemkab Madina Batahan, dua orang lagi masih dirawat karena lemas dan trauma, Senin (14/8/2023) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – inilah 14 nama anak buah kapal (ABK) KM Mika kapal pencari ikan yang bertolak dari Pelabuhan Sibolga menuju Pulau Tamang Madina yang tenggelam diterjang ombak dan badai di Perairan Pulau Tamang, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal, Senin (14/8/2023).

Semua awak kapal yang mengalami nahas tersebut diketahui berjenis kelamin laki-laki,
Kapal nelayan tersebut tenggelam di perairan Pulau Tamang Madina akibat hempasan ombak besar.

Camat Batahan Irsal Fariadi SSTP yang dikonfirmasi lewat sambungan telepon selulernya menjawab wartawan, senin (14/8/2023) malam, menyampaikan 12 anak buah kapal (ABK) nelayan Sibolga sudah berada di mess Pemkab Madina di Kuala batahan.

“Alhamdulillah, 12 ABK keadaan sehat, sedangkan dua ABK dalam perawatan di Puskesmas Batahan karena masih lemas dan trauma, “ujar Irsal.

Camat Batahan menceritakan, Tim Muspika melaksanakan kegiatan patroli di seputaran Pulo Tamang bersama dengan masyarakat Desa Pulo Tamang, untuk menindaklanjuti laporan nelayan Sibolga mengalami kerusakan dan tenggelam di perairan Pulau Tamang KM Mika Gt.06 berbendera Indonesia.

Dijelaskan, KM Mika berangkat Rabu 9 Agustus 2023 dari tangkahan Lautan Sibolga.Pada pukul 19.30 tujuan kapal perairan Tiku Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Pada Kamis 10 Agustus 2023 kapal berlindung di pulau mursala, akibat cuaca buruk. Pada Jumat 11 Agustus, kapal berlindung di Pulau Dua, Desa Tabuyung karena cuaca buruk.

Read More

Pada Sabtu 12 Agustus 2023 kapal berlindung di perairan Sikara-kara di pulau telor karena cuaca buruk. Pada Minggu 13 Agustus 2023 kapal berangkat dari pulau telor menuju perairan Tamang pada pukul 11.00, cuaca membaik dan melanjutkan perjalanan melaut ke arah selatan Pulau Tamang, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal.

Pada Senin 14 Agustus 2023 pukul 04.00 kapal mengalami pecah buritan dikarenakan cuaca buruk, kapal tenggelam dan nahkoda, ABK mengapung di laut menggunakan fiber dan papan kapal.

Pukul 12.00, bantuan dari kapal boat nelayan jenis robin Pulau Tamang atas nama :Bpk.Zulian dan dievakuasi ke Pulau Tamang dalam keadaan aman dan selamat keseluruhannya.

Diperkirakan, kerugian material satu unit kapal ikan KM Mika Gt.6 Bendera Indonesia, satu set alat tangkap jenis jaring gilnet, satu mesin kapal stempel 15 PK, total kerugian sekira Rp300 juta.

Crew kapal 14 orang, yakni nakhoda Marlin Manalu, 34, alamat Desa Simbambanon Kec.Pakkat Kab. Humbang Hasundutan,
KKM Asrin Simbolon, 47, alamat Desa Lopian Kec.Badiri Tapteng, kepala kerja Kiran
alamat Desa aek Garut Kec.Pandan,
Kab.Tapteng, ABK: Rizal, 45, Sibolga, Sambas Kota Sibolga, ABK:Ali Akhmad,40, alamat Pulau Seribu, Jakarta.

Selain itu, ABK: Agusman Sotumeang, 41 Desa Sarudik, Kec.Sarudik Kab.Tateng,
ABK: Sarbini, 41, alamat Sorkam,Tapteng, ABK: M.Rasyid, 44, pesantren Kec. Pandan kab.Tapteng, ABK: Maliki,36, jl.aso-aso Pancuran Pinang kota Sibolga.

ABK: Darman Halawa, 24, alamat Sipolupolu Panyabungan Kab Madina, ABK: Putra Situmeang, 38, Desa Pargadungan Kec.Tapian Nauli 1 Kab.Tapteng. ABK:Arisman Ziliu, 26, Aek Korsik Kec.Badiri Kab.Tateng, BK: Miska,33, Jln.Selamat Kec.Sambas Kota Sibolga, ABK: Roni Lubis,39, Budiluhur Pesantren, Kec.Pandan Kab.Tapteng. (Has)