Setetes Harapan Buat 24 Kepala Desa Terpilih di Kotanopan

Para kepala desa terpilih yang mengikuti serah terima jabatan (sertijab) saat diabadikan bersama dengan Camat Kotanopan dan Forkopincam serta undangan terkait lainnya di aula kantor Camat Kotanopan, Kamis (09/11/2023). Fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis.
Para kepala desa terpilih yang mengikuti serah terima jabatan (sertijab) saat diabadikan bersama dengan Camat Kotanopan dan Forkopincam serta undangan terkait lainnya di aula kantor Camat Kotanopan, Kamis (09/11/2023). Fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sebanyak 24 kades terpilih (defenitif) periode 2023-2028 di wilayah Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, telah mengikuti serah terima jabatan (sertijab ) dari Penjabat kepala desa di Aula Kantor Camat setempat, Kamis (09/11/2023) siang.

Para kades defenitif tersebut adalah peraih suara terbanyak hasil Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak di Madina yang berlangsung, Senin (21/08/2023) lalu. Mereka juga sudah dilantik oleh Bupati Madina HM. Jafar Sukhairi Nasution di Gedung Serbaguna Amru Daulay Desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan, Jum’at (27/10/2023) lalu.

Setelah dilantik dan mengikuti sertijab, kepala desa yang 24 orang tentunya secara konstitusi telah resmi menjadi kepala desa. Sebagian dari mereka merupakan wajah-wajah baru, masyarakat tentunya menaruh harapan besar kepada mereka agar mampu membawa perubahan untuk mewujudkan pembangunan desanya ke arah yang lebih baik.

Mereka tentunya harus mengerti keluhan dan apa yang diharapkan masyarakatnya, memberikan solusi jika ada terjadi permasalahan desa dan mampu menjadi pamong bagi masyarakat dengan mewujudkan pelayanan yang lebih prima.

Hal ini dilakukan agar kinerja dan kualitas pelayanan pemerintahan desa terus meningkat. Artinya, kepala desa harus fokus dalam memberikan pelayanan pemerintah tingkat desa, diharapkan bisa mengoptimalkan pembangunan di desa masing-masing, khususnya bagi kepala desa yang baru menjabat harus mau belajar dan bekerja.

Mereka juga memiliki tugas yang sangat berat salah satunya dalam pengelolaan Dana Desa (DD) yang harus sesuai dengan konstitusi dan undang-undang yang berlaku sehingga nantinya tidak sampai ada yang terjerat oleh kasus hukum.
Tugas lain yang harus mereka segera laksanakan yakni menjalin komunikasi dan silaturrahmi yang baik dengan semua elemen masyarakat terutama dalam mendinginkan efek politik di tingkat desa.

Kades terpilih harus mampu mengikis pengkotak-kotakan dan gesekan politik yang ada di desa, juga bisa merangkul dan mengayomi masyarakat. Artinya, jangan ada lagi perbedaan, pemilihan kepala desa sudah selesai, semua elemen masyarakat harus kembali bersatu dan melanjutkan pembangunan desanya ke arah yang lebih baik.

Read More

Selamat kepada 24 kepada kepala desa terpilih (defenitif), dengan harapan bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan tetap mengedepankan kesungguhan, keikhlasan, kekeluargaan dan kebersamaan dalam membangun desa masing-masing.

Data diperoleh di kantor Camat Kotanopan Jum’at (10/11/2023), ke-24 kades yang mengikuti sertijab terdiri dari Desa Hutarimbaru SM dari Pj. M. Arjun Nasution kepada kades terpilih Pahrisal Lubis, Desa Sabadolok dari M. Rajali Lubis kepada Syahnan Arifin, Desa Singengu Jae dari M. Yamin kepada Erwin Efendi dan Desa Singengu Julu dari Syafri Edi Lubis kepada Maraginda Hakim.

Desa Simpang Tolang Jae dari Cepri Candra kepada Ahmad Rifai, Desa Simpang Tolang Julu dari Abu Hasan Ashari kepada Sawaluddin Lubis, Desa Ujung Marisi dari Junita Erida kepada Abdus Somad, Desa Hutapuli dari Rahmat Tua kepada Sahruddin Lubis dan Desa Pagar Gunung dari Ipin kepada Yusnan.

Kemudian Desa Batahan dari Ahmad Suleman kepada M.Suhaimi Dalimunthe,Desa Tombang Bustak dari Zukhoir kepada Mulia Sakti Lubis, Desa Hutabaringin TB dari Endar Muda P. Lubis kepada Rahmadsyah Lubis, Desa Gading Bain dari Ahmad Hadis kepada Rahmad Arifin dan Desa Gunungtua MS dari Bahren Daulay kepada M. Asparuddin Lubis.

Desa Muarasiambak dari Abdul Kadir kepada M. Wildan Kurniawan,Desa Manambin dari Bismar kepada Tarmizi Yahya Daulay,Desa Muara Pungkut dari Pangeran Hidayat kepada Zulkarnaen, Desa Hutapungkut Jae dari Eddy Marzah Lubis kepada M. Ridwan Nasution, Desa Hutapungkut Julu dari Iskandar Lubis kepada Muhammad Idris.

Seterusnya Desa Usor Tolang dari Irwansyah kepada Sahrin,Desa Muara Botung dari Muhammad Gozali kepada Muhammad Nur,Desa Botung dari Amir Saleh Lubis kepada Sutan Nasution.,Desa Tobang dari Sopiah kepada Unggul Saputra Lubis serta Desa Sayurmaincat Fahruddin Lubis yang satu-satunya Penjabat Kepala desa di Kecamatan Kotanopan yang berhasil terpilih menjadi kepala desa defenitif pada Pilkades 2023 lalu.(Munir Lubis).