23 Ketua TP PKK Desa Dilantik, Pesan Camat Kotanopan Jadilah Motivator Bukan Provokator

Prosesi pelantikan 23 Orang Ketua TP PKK desa se- Kecamatan Kotanopan dipusatkan di lapangan Terminal Pasar Kotanopan Mandailing Natal, Senin (13/11/2023). fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis).
Prosesi pelantikan 23 Orang Ketua TP PKK desa se- Kecamatan Kotanopan dipusatkan di lapangan Terminal Pasar Kotanopan Mandailing Natal, Senin (13/11/2023). fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis).

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sebanyak 23 orang Ketua TP PKK Desa di Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal masa jabatan 2023-2029 resmi dilantik oleh Ketua TP PKK Kotanopan Ny. Donna Sari Daulay di lapangan Terminal Pasar Kotanopan, Senin (13/11/2023).

Senyogianya jumlah ketua TP PKK yang dilantik berjumlah 24 orang, tapi satu orang tidak dapat hadir yaitu ketua TP KK Hutabaringin selaku pengurus Posyandu Mawar Hutabaringin yang kebetulan lagi mengikuti Jambore Kader Tingkat Nasional di Jakarta pada 11-14 November 2023.

Prosesi pelantikan ditandai dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya, Mars PKK, pembacaan SK, pembacaan naskah pelantikan dan penyerahan SK kepengurusan masing-masing desa dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat, para kepala desa pun maju ke depan mendampingi istri masing-masing.

Hadir dalam kesempatan itu ketua TP PKK Madina Ny. Eli Mahrani M. Jafar Sukhairi Nasution diwakili Ketua Bidang I Ny. Asmawati Alamulhaq Daulay bersama pengurus lainnya, Camat Kotanopan Pangeran Hidayat bersama jajaran Forkopincam, Camat Muarasiongi Ahmad Pamilu Daulay, para kepala desa, ibu-ibu Bhayangkari, Persit Kotanopan dan Dharma Wanita Lapas, pengurus Muslimat NU dan BKMT, para tokoh adat, alim ulama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Camat Kotanopan Pangeran Hidayat dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa mulai saat ini ketua TP PKK tingkat desa sudah resmi dilantik, sehingga diharapkan bisa menjadi motivator untuk yang lain, bukan malah sebaliknya menjadi provokator.

Ketua TP PKK harus mampu berkerja untuk mendorong tugas suami dalam menjalankan dan mensukseskan roda pemerintahan di desa masing-masing.

“Peran penggerak PKK di desa sangat urgen untuk membantu berjalannya roda pemerintahan. Jadi sekali lagi, saya tekankan agar ketua TP PKK desa harus menjadi motivator, jangan menjadi provokator ,” terangnya.

Read More

Sementara Ketua TP PKK Madina Eli Mahrani M.Jafar Sukhairi Nasution dalam sambutan yang dibacakan Ny.Asmawati mengharapkan ketua TP PKK desa yang baru dilantik sebelum melaksanakan kegiatan, terlebih dahulu mempelajari aturan-aturan yang berkaitan dengan pelaksanaan gerakan PKK, seperti Permendagri RI Nomor 36 tahun 2020 dan hasil Rekernas IX PKK 2021.

“Saya berpesan agar ketua TP PKK desa menjadikan gerakan PKK sebagai elemen penting ditengah masyarakat.Mari laksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai perencana, penggerak dan motivator kepada kelompok dasawisma PKK yang berada di desa wilayah kerjanya masing-masing,” ucapnya.

Menurutnya, kelompok dasawisma PKK merupakan garda terdepan dalam melaksanakan 10 program pokok PKK supaya betul-betul diaktifkan.

“Tantangan yang kita hadapi dalam menjalankan tugas semakin besar, keberhasilan gerakan PKK adalah apabila keluarga-keluarga dilingkungan masyarakat kehidupannya lebih baik serta sejahtera lahir dan bathin ,” harapnya.

Adapun ke-23 ketua TP PKK desa yang dilantik,masing-masing ketua TP PKK Desa Hutarimbaru SM, Desa Sabadolok, Desa Singengu Jae, Desa Singengu Julu, Sayurmaincat, Desa Simpang Tolang Jae, Desa Simpang Tolang Julu, Desa Ujung Marisi,Desa Hutapuli, Desa Pagar Gunung, Desa Batahan. Kemudian TP PKK Desa Tombang Bustak, Desa Gading Bain, Desa Gunungtua MS, Desa Muarasiambak,Desa Manambin ,Desa Muara Pungkut, Desa Hutapungkut Jae, Desa Hutapungkut Julu, Desa Usor Tolang,Desa Muara Botung,Desa Botung dan Desa Tobang. (Munir Lubis).