Jalan Jembatan Merah-Muarasoma Belum Bisa Dilewati Kendaraan

Ekskavator yang diturunkan UPT JJ Kotanopan Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi masih terus membuka jalur yang tertimbun longsor, Sabtu (23/12/2023) fhoto : Istimewa.
Ekskavator yang diturunkan UPT JJ Kotanopan Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi masih terus membuka jalur yang tertimbun longsor, Sabtu (23/12/2023) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Jalan provinsi antara jembatan merah – Muarasoma, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) lumpuh hingga pukul 17,15 WIB. Sabtu (23/12/2023) akibat tertimbun longsor sejak semalam hingga kini belum bisa dilewati kendaraan.

“Satu titik longsor di Aek Inumon satu sudah berhasil kita bersihkan, “ujar kepala UPT PUPR Kotanopan provinsi Sumatera Utara Andi Hakim Matondang kepada Wartamandailing, Sabtu (23/12/2023)

Andi mengatakan, material longsor yang jatuh dari tebing menutupi bahu jalan di titik Aek Inumon satu mencapai 1 hingga 3 meter dan panjang longsoran sekitar 50 meter.

“Dua alat berat, Beco loader dan Ekskavator kita turunkan untuk membuka jalur yang tertimbun longsor, satu titik sudah berhasil dibersihkan tinggal satu titik lagi yaitu di Aek Inumon dua, “ujarnya.

fhoto : Longsor di titik Aek Inumon dua jalan jembatan Merah Muarasoma masih lumpuh.

Ketika ditanya, kira-kira kapan selesai pembersihan material longsor dari bahu jalan dan kapan bisa dilalui kendaraan?.

Andi Hakim Matondang menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan kapan akses jalan ini bisa dilalui kendaraan. Meski begitu pihaknya terus bekerja keras dan telah berkoordinasi dengan Pemkab Madina melalui kadis PUPR, selain itu, juga sudah meminta bantuan alat berat dari PT SMGP agar pembersihan material ini cepat selesai.

Read More

“Kalau tidak ada kendala dan cuaca, dari 2 alat berat ini yang terus bekerja, mungkin tengah malam sudah bisa dilalui, tapi kalau jadi alat berat dari PT SMGP turun, bisa jadi akses ini secepatnya bisa dilalui kendaraan, “ungkapnya. (Has)