Pj Bupati Tapteng Pimpin Rakor Pemerintahan Tapteng

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Tengah – Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH memimpin Rapat Koordinasi Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah Triwulan I Tahun 2024 yang dilaksanakan di ruang rapat Cendrawasih kantor Bupati Tapteng. Pada Rabu (17/1/2024).

Pj. Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH dalam paparannya menyampaikan Saya hanya ingin menyampaikan pokok-pokok pikiran kebijakan Apa yang harus kita lakukan ke depan, apa yang menjadi rencana kita di Kabupaten Tapanuli Tengah terutama di Kecamatan dan Desa. Rencana kegiatan Pemerintah Kabupaten diimplementasikan juga di setiap OPD. Kita harus melakukan Tata kelola Pemerintahan yang baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan, jadi tidak ada yang bertindak sesuka hati.

Kita harus melaksanakan Good Governance, yang mana dalam pelaksanaan Good Governance ada 5 prinsip yang harus dipedomani yaitu Transparansi, Akuntabel, Independen, Fairnees dan Responsif. Kita juga harus melakukan pemenuhan indeks yang merupakan penilaian dari apa apa yang kita laksanakan, jadi tidak ada gunanya kita mengatakan pelaksanaan kegiatan pemerintahan kita bagus kalau penilaian indeks kita tidak bagus.

Dari segi SDM juga harus dilakukan Peningkatan Kapasitas ASN dengan melaksanakan pelatihan pelatihan ataupun diklat yang akan menambah Wawasan pengetahuan ASN dalam menjalankan Pemerintahan sehingga yang memiliki prestasi akan dipromosikan kejabatan yang lebih tinggi lagi. Kita juga harus melakukan pencegahan korupsi, makanya saya harapkan jangan ada lagi pemotongan pemotongan, jangan ada lagi mahar mahar dalam pengambilan jabatan ataupun proyek karena ini pasti akan berakibat terhadap kegiatan korupsi, yang mana sesuai peraturan sudah jelas di terangkan tentang korupsi ini, yang mana korupsi itu tidak hanya kerugian negara, konflik kepentingan juga termasuk Korupsi. Dalam hal pelayanan kepada masyarakat juga harus ditingkatkan sehingga adanya kepuasan dalam masyarakat sehingga terciptalah tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam pengelolaan APBD pun harus dilakukan dengan baik, makanya harapan saya adanya optimalisasi Pengelolaan APBD, Optimalisasi Pencapaian PAD sesuai Tupoksi dari masing-masing OPD. Dalam hal belanja juga kita harus memprioritaskan Belanja yang pro Rakyat, Efektif dan Efisien, Skala Prioritasnya harus jelas, Optimalisasi Instrumen APBD-P, melakukan Refocusing dengan prioritas Pro Rakyat dan kesejahteraan Pegawai, APBD dikelola dengan akuntabel, Transparan dan bebas korupsi.

Untuk tahun 2024 ini ada beberapa program Prioritas yang harus kita laksanakan yakni Penurunan Angka Stunting, penghapusan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi, mensukseskan Pemilu serentak, pembenahan tata kelola pemerintahan desa, serta peningkatan pelayanan publik baik itu dalam hal Kesehatan, administrasi kependudukan, perizinan, Sosial dan mensukseskan Pemilu serentak Tahun 2024.

Turut hadir Plh. Sekretaris Daerah Tapteng, Para Asisten dan Staf Ahli, Seluruh Pimpinan OPD Tapteng dan para Camat Se – Kabupaten Tapanuli Tengah. (L.Naibaho)

Read More

Related posts