Prioritas Usulan Kecamatan Sibabangun Tahun 2025 Ditetapkan Dalam Musrenbang

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Tengah – Untuk dapat menyusun prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Sibabangun yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa dan Kelurahan, Pemerintahan Kecamatan Sibabangun menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2025 bertempat di aula pertemuan Kecamatan Sibabangun, Selasa (6/2/2024).

Camat Sibabangun, Romulus Simanullang, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Musrenbang dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional (SPPN), yang mana hasil Musrenbang akan menjadi acuan penyusunan rencana pembangunan di Kecamatan Sibabangun untuk tahun 2025.

“Usulan yang akan kita ajukan, menjadi dasar penyusunan rencana kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun 2025 nanti,” kata Romulus.

Dengan diadakannya kegiatan Musrenbang kali ini, Romulus Simanullang berharap, bisa memberikan wahana untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan, yang berasal dari masyarakat tingkat desa dan kelurahan, serta menjadi skala prioritas pembangunan lintas desa dan kelurahan untuk tahun 2025 mendatang.

”Disamping merumuskan dan menyepakati rencana kegiatan pembangunan, juga sebagai upaya mendorong kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan secara utuh. Tidak boleh muncul ego sektoral dan ego wilayah dalam menentukan prioritas dalam kegiatan pembangunan,” imbuhnya. 

Sementara, Kabid Kispra Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tapanuli Tengah, Hendra Wijaya, mengatakan, Musrenbang untuk menghasilkan usulan kegiatan prioritas. Semua usulan akan dimasukkan ke dalam sistem, yang nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Musrenbang adalah salah tahap dalam penyusunan RKPD yang nantinya akan menjadi APBD,” ujarnya. 

Read More

Dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, ia berharap agar usulan menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan prioritas, yang sesuai dengan arah kebijakan dan tema pembangunan tahun anggaran 2025

Berikut, beberapa prioritas usulan Kecamatan Sibabangun rencana pembangunan tahun 2025, pembangunan jalan rabat beton (Lingkungan II Kelurahan Sibabangun), pembangunan saluran irigasi bendungan air (Desa Simanosor), peningkatan jalan hotmix AC-BC (Desa Hutagurgur), peningkatan jalan hotmix AC-BC (Desa Sibiobio).

Selanjutnya, pembangunan bronjong (Dusun I Desa Hutagurgur), pembangunan jalan rabat
beton (Desa Hutagurgur), bantuan perumahan tidak layak huni (Dusun 1 & Dusun 4 Desa Sibiobio), pembangunan jalan usaha tani
(Dusun II Mombang Boru, pengadaan meubeleur SDN 1923456 Mombang Boru, pembangunan dek penahan tanah (Dusun IV Sibiobio), rehab jalan rabat beton (Dusun IV Sibiobio), pembangunan jalan usaha tani (Dusun I Desa Simanosor).

Kemudian, pembangunan Puskesmas
Pembantu (Dusun IV Sibiobio), normalisasi aliran sungai (Dusun I Desa Simanosor), pembangunan balai pertemuan Desa Sibiobio, pembangunan pagar SDN 157010 Sibiobio, rehabilitasi jembatan gantung (Desa Sibiobio), peningkatan jalan hotmix AC-BC (Link IX Kelurahan Sibabangun), pembangunan jembatan gantung (Desa Sibabangun), peningkatan jalan hotmix AC-BC (Link I Kelurahan Sibabangun) . (L.Naibaho)

Related posts