Pengurus Majelis Pembimbing Ranting Dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kotanopan Dikukuhkan

Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran ) Gerakan Pramuka Kotanopan Ahmad Pamilu Daulay, S.Sos ketika melantik sekaligus mengukuhkan pengurus Kwartir Ranting Kotanopan di lapangan parkir kantor Camat Kotanopan, Selasa ( 06/02/2024). fhoto : (Wartamandailing/ Munir Lubis).
Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran ) Gerakan Pramuka Kotanopan Ahmad Pamilu Daulay, S.Sos ketika melantik sekaligus mengukuhkan pengurus Kwartir Ranting Kotanopan di lapangan parkir kantor Camat Kotanopan, Selasa ( 06/02/2024). fhoto :(Wartamandailing/ Munir Lubis).

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sejumlah pengurus Majelis Pembimbing Kwartir dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal masa bakti 2023-2026 dilantik dan dikukuhkan dalam suatu acara di halaman kantor Camat Kotanopan, Selasa (06/02/2024).

Untuk pengurus Majelis Pembimbing Ranting yang diketuai Camat Kotanopan Ahmad Pamilu Daulay, S.Sos dikukuhkan langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Mandailing Natal Drs. Lismulyadi Nasution, MM.

Sedangkan untuk pengukuhan pengurus Kwartir Ranting Kotanopan yang dinakhodai Pargugunan, pengukuhannya dilaksanakan oleh Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran ) Gerakan Pramuka Kotanopan Ahmad Pamilu Daulay,S.Sos disaksikan para pengurus Kwarcab, pengurus Kwarran dan pelatih pramuka se Kecamatan Kotanopan.

Acara pelantikan dan pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hening cipta, mars gerakan pramuka, pembacaan Surat Keputusan (SK) dan dilanjutkan dengan Tri Satya dan Ikrar Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting, kata – kata pelantikan, penandatangan ikrar dan naskah pelantikan serta penyematan tanda jabatan.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Madina Lismulyadi Nasution menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Kwartir Ranting Kotanopan yang diketuai Ahmad Pamilu Daulay dan Pargugunan.

Tugas dan tanggungjawab menurut Lismulyadi yang juga Asisten II Pemkab Madina itu, tengah menanti para pengurus .“Selamat kepada kakak-kakak Majelis Pembimbing dan Kwartir Ranting yang baru saja dilantik. Membesarkan gerakan pramuka saat ini di Kotanopan menjadi tanggungjawab kakak-kakak ,” ucapnya.

Ke Depan kata dia, masih banyak tantangan yang akan dihadapi sehingga kepengurusan yang baru ini harus punya misi dan visi yang sama untuk memajukan organisasi dan tidak kalah pentingnya punya program kerja dalam kegiatan kepramukaan sehingga dapat berkiprah lebih baik.

Read More

Apalagi kegiatan pramuka memiliki peran yang baik dalam membentuk karakter dan kepribadian seorang anak untuk bisa menumbuhkan sifat mandiri, kreatif dan inovatif. Ke Depan diharapkan kepengurusan gerakan pramuka Kotanopan akan lebih aktif dan mampu mencetak generasi sebagai tunas bangsa yang lebih baik.

Ia juga minta kesungguhan pengurus terutama pengurus Ranting dalam menjalankan tugasnya.“Maju mundurnya gerakan pramuka di Kotanopan ada di tangan pengurus Ranting. Karenanya, saya berharap kakak-kakak bisa bekerja keras, menjaga persatuan dan kesatuan untuk kemajuan gerakan pramuka,” harapnya.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Mandailing Natal Drs. Lismulyadi Nasution, MM ketika melantik sekaligus mengukuhkan pengurus Majelis Pembimbing Ranting Kotanopan di lapangan parkir kantor Camat Kotanopan, Selasa ( 06/02/2024). (Wartamandailing/ Munir Lubis).

Adapun susunan pengurus Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kotanopan masa bakti 2023-2026 yang dikukuhkan, ketua Camat Kotanopan, wakil ketua yaitu Kapolsek, Danramil 014, Korwil VIII Dinas Pendidikan, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian dan KB, Kepala Puskesmas,kepala KUA dan ketua TP PKK Kecamatan Kotanopan.

Untuk jabatan sekretaris dan bendahara Majelis Pembimbing Ranting dijabat oleh Sekcam dan bendahara Kecamatan Kotanopan. Anggota kepala desa, kepala SD, kepala SMP/MTs, kepala SMA,SMK/MA, Dinas Perhubungan, PU dan tokoh masyarakat se- Kecamatan Kotanopan.

Sementara susunan pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kotanopan masa bakti 2023-2026, sebagai ketua Pargugunan, wakil ketua/ ketua komisi organisasi, hukum, perencanaan dan pengembangan Polsek Kotanopan, pembinaan anggota muda dan satuan karya pramuka Ahmad Fauzi, pembinaan anggota dewasa, mental, spritual, wawasan kebangsaan dan bela negara Koramil 014 Kotanopan.

Wakil ketua/ ketua komisi pengabdian masyarakat dan tanggap bencana serta lingkungan hidup Mahmudin, sarana, prasarana dan aset Syarifuddin Batubara, kerjasama, kewirausahaan, pengembangan usaha dan koperasi Erliana Rangkuti, hubungan masyarakat dan media informasi Syafnil Nasution.

Sekretaris dan wakil sekretaris yakni Mukti Ali dan Bastian Purba, bendahara dan wakil bendahara Faridah dan Eliana. Jabatan komisi organisasi, hukum, perencanaan dan pengembangan dipercayakan kepada Polsek Kotanopan (ketua), Lokot Husda Lubis ( sekretaris), Riswan Sani, Budi Parlindungan dan Laila Jamilah (anggota/andalan ranting).

Untuk komisi pembinaan anggota muda dan satuan karya pramuka dilantik Ahmad Fauzi (ketua), Sastra Kesuma Yanti (sekretaris), Irfan Zulfiansyah, Hasnah Hanita dan Heri Efriandi (anggota/andalan ranting).

Komisi pembinaan anggota dewasa, mental, spritual, wawasan kebangsaan dan bela negara yaitu Koramil 014 Kotanopan (ketua), Ahmad Husin(sekretaris), Ahmad Junaidi, Syahmardan dan Juliati (anggota/andalan ranting).

Komisi pengabdian masyarakat dan tanggap bencana serta lingkungan hidup adalah Mahmudin (ketua), Indra Mulia Matondang (sekretaris), Deliana, Sahminan Batubara dan Erli Dalimunthe (anggota/andalan ranting).

Komisi sarana, prasarana dan aset yaitu Syarifuddin Batubara (ketua), Riza Taufiq (sekretaris), Imladi Abdul Gani dan Andi Saputra Tanjung (anggota/andalan ranting). Komisi kerjasama, kewirausahaan, pengembangan usaha dan koperasi dikukuhkan Erliana Rangkuti (ketua), Ikhsan (sekretaris), Riski Humala, Sawalina dan Fatimah Zahra (anggota/andalan ranting).

Sedangkan untuk komisi hubungan masyarakat dan media informasi Kwarir Ranting Gerakan Pramuka Kotanopan telah dilantik dan dikukuhkan yaitu Syafnil Nasution (ketua), Aswita (sekretaris), Rizki Anugrah, Zulyaden dan Andi Ashari Tanjung (anggota/andalan ranting). (Munir Lubis).