Sukseskan Program Nasional, TPL Akan Bangun MCK Komunal di Desa Sanggapati

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Sebagai aksi nyata dalam rangka pencegahan dan percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk, akan segera membangun sarana MCK (Mandi, Cuci, Kakus-red) komunal bagi masyarakat.

Aksi nyata TPL menurunkan angka Stunting di Kabupaten Tapsel dengan membangun MCK komunal ini di tiga titik di Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur. Bagi TPL, perusahaan harus hadir berkontribusi sukseskan program Nasional.

“Salah satu program Nasional yang ingin kami dukung adalah, percepatan penurunan Stunting. Khususnya di Kabupaten Tapsel,” ujar Yessy Winda Panggabean, selaku CD/CSR Officer Spesialis Pendidikan dan Kesehatan TP TPL, saat sosialisasi bersama warga di Kantor Desa Sanggapati, pada Jumat, 03 Mei 2024 lalu.

Yessi, dalam rilis yang diterima Warta Mandailing, Rabu (8/5/2024) mengungkapkan alasan TPL berfokus di percepatan penurunan Stunting. Yakni, dalam rangka memberikan dampak untuk menyiapkan SDM yang sehat, baik secara jasmani maupun rohani ke masyarakat.

Selain di bidang kesehatan, TPL juga berupaya mengintervensi peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat. Karena, persoalan kesehatan maupun pendidikan adalah satu kesatuan yang saling berkaitan.

Dengan pembekalan pendidikan yang baik, harapannya masyarakat bisa menerapkan pola hidup yang sehat. Bahkan, juga berkolaborasi dengan bidang lain semisal, ekonomi hingga infrastruktur.

Sehingga, dari berbagai bidang tersebut, TPL menilai perlu adanya dukungan ke masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Sebab, TPL menilai, tiga hal ini sangat berpengaruh dalam menghasilkan SDM yang berkelanjutan.

Read More

“Yang mana, ini sesuai dengan agenda besar Indonesia berkelanjutan di 2030 mendatang,” imbuh Yessi.

Dua Cara Penurunan Stunting

Sekaitan dengan bidang kesehatan, TPL memilih sektor dukungan ke Pemkab Tapsel dengan membantu upaya percepatan penurunan Stunting. Percepatan penurunan Stunting sendiri, ada dua cara. Yang pertama penanganan langsung ke anak.

“Dan yang kedua pencegahan. Dua hal ini kami anggap perlu, supaya anak-anak di Kabupaten Tapsel tidak ada yang terkena Stunting,” sebutnya.

Related posts