Tiga Putra-Putri Madina Masuk Finalis Duta Bahasa Sumut Tahun 2024

Tiga Putra-Putri Madina Masuk Finalis Duta Bahasa Sumut Tahun 2024, fhoto : Istimewa.
Tiga Putra-Putri Madina Masuk Finalis Duta Bahasa Sumut Tahun 2024, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Tiga orang putra-putri asal Kabupaten Mandailing Natal ( Madina ) masuk finalis pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara tahun 2024.

Ketiganya, masing-masing Mustafa Husyen Nasution berasal dari Kecamatan Kotanopan dan mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Kedua, Anggita Sari Rangkuti berasal dari Kecamatan Panyabungan Kota dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Kemudian Aldes Syaputra Nasution asal Sikapas Kecamatan Muara Batang Gadis dan mahasiswa Politeknik Pariwisata Medan.

Kegiatan penjaringan peserta di mulai bulan Januari lalu di bawah naungan Balai Bahasa Sumatera Utara dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Mustafa Husyen Nasution salah satu finalis pada Sabtu (11/05/2024) menyampaikan sejak penjaringan sampai seleksi berkas di bulan Januari 2024 lalu, peserta yang ikut mencapai 270 orang.

Begitu masuk tahapan wawancara tinggal 120 orang dan tahapan semifinal 60 orang. Setelah dilaksanakan tahapan finalis tinggal 20 orang lagi, masing-masing 10 putra dan 10 putri Sedangkan jenis test dan seleksi yang dilaksanakan panitia berupa pengembangan bakat, persentase, penulisan karya ilmiyah dan lainnya.

Ditambahkannya, ia dan kawan-kawan mengikuti kegiatan ini karena tujuannya sangat positif. Kegiatan ini bertujuan atas dasar Tri Gatra Bangun Bahasa, utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, kuasai bahasa asing.

Read More

Nantinya terbaik 1 putra dan 1 putri akan dibawa mewakili Sumatera Utara ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan malam puncak pada bulan Juni nanti.

Untuk itu, ketiganya berharap doa dan dukungan masyarakat Mandailing Natal agar mereka bisa lolos ke babak ataupun tahapan selanjutnya.

Utamanya Pemkab Madina sangat diharapkan dapat memberikan dukungan penuh sehingga bisa mengantar putra-putri Madina ini menjadi terbaik putra-putri dalam ajang Finalis Duta Bahasa Sumut Tahun 2024. (Munir Lubis).