RS Adam Malik Kerja Sama dengan Arab Saudi Gelar Kegiatan Sosial Operasi Jantung


WARTAMANDAILING.COM, Medan – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RS Adam Malik) bekerja sama dengan tim medis dari Arab Saudi menggelar kegiatan sosial operasi jantung di Medan, Sumatera Utara. Kegiatan ini terselenggara bersama King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) dari Kerajaan Arab Saudi dan Muslim World League yang berbasis di Arab Saudi.

Direktur Utama RS Adam Malik dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) menyampaikan kegiatan sosial operasi jantung ini akan berlangsung dalam tiga periode. Saat ini, periode pertama untuk pasien bedan jantung dewasa sudah dimulai dan berjalan hingga seminggu ke depan sampai 27 Mei 2024, dan dilanjutkan pada 2-9 Juni 2024. Kemudian, periode kegiatan untuk pasien bedah jantung anak dilaksanakan pada 25 Juni 2024 sampai 1 Juli 2024.

“Setiap periode rencananya akan melakukan operasi jantung dengan jumlah sekitar 15-20 pasien. Mudah-mudahan keseluruhannya bisa sesuai dengan target 60-70 pasien bedah jantung. Semua pasiennya merupakan penerima layanan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), sedangkan untuk operasi dan kebutuhan bahan medis operasi dibantu oleh Arab Saudi,” ucap dr Zainal memberikan keterangan pada Selasa (21/5/2024).

Pada kesempatan itu, dr Zainal menyampaikan terima kasih kepada Arab Saudi dan semua pihak yang sudah membantu kegiatan operasi jantung ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman bersama organisasinya KSRelief, dan juga Muslim World League. Terima kasih juga kepada Kementerian Kesehatan RI, dan RSJPD Harapan Kita selaku pengampu nasional layanan jantung yang telah memfasilitasi kerja sama ini,” tambah dr Zainal.

Juru bicara tim medis dari KSRelief dan Muslim World League, Dr Uthman Saad AlUthman mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam bidang kesehatan. “Di Medan masih banyak yang mengalami penyakit jantung kompleks, Sebelumnya kita sudah sukses melakukannya di Afrika dan wilayah lain. Semoga di sini juga berlangsung dengan baik dan akan terus berkelanjutan,” ungkap Dr Uthman pula.

Sementara itu, Direktur Muslim World League Indonesia Abdurrahman Muhammad Amin Al Khayyat menjelaskan mereka sudah melakukan banyak kegiatan kemanusiaan, seperti di Afrika dan Asia.

“Kegiatan besar operasi jantung ini pertama kali kita lakukan di Indonesia, yaitu di Medan. Semoga kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Terima kasih untuk semua tim, dan juga rumah sakit yang telah memberikan kemudahan untuk kegiatan ini,” tambahnya.

Read More

Tidak hanya membantu pelaksanaan operasi jantung kompleks, kerja sama dengan Arab Saudi ini juga termasuk kegiatan proctorship (pembelajaran) dengan berbagi ilmu pengetahuan untuk peningkatan kompetensi SDM tenaga medis di RS Adam Malik, serta bantuan alat kesehatan dan bahan-bahan medis untuk operasi bedah jantung tersebut. Selain para dokter ahli, Arab Saudi juga mengirim perawat ahli, perfusionis dan teknisi medis dalam kegiatan ini. (humas/ade)

Related posts