Pj Bupati Palas Lakukan Tanam Cabai Dan Tebar Benih Ikan di Desa Sayur Matua

Pj Bupati Palas Ir Ardan Noor Hasibuan MM. Didampingi sejumlah OPD Palas melakukan tanam perdana bibit cabai dan durian serta penebaran bibit ikan bersama masyarakat Desa Sayur Matua, Sabtu (13/7/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Pj Bupati Padang Lawas (Palas) Ir Ardan Noor Hasibuan MM. Didampingi sejumlah OPD Palas melakukan tanam perdana bibit cabai dan durian serta penebaran bibit ikan bersama masyarakat Desa Sayur Matua, Kecamatan Aek Nabara, Kabupaten Padang Lawas. Sabtu (13/7/2024).

Diketahui, Desa Sayur Matua Desa Wisata Tani Dewi Horas ini merupakan binaan dinas pertanian dan perikanan Pemkab Palas dan PT. Energi Mega Persada Tonga.

Kunjungan kerja Pj. Bupati Padang Lawas untuk melakukan penanaman perdana cabe merah dalam rangka antisipasi dan pengendalian tingginya inflasi di Padang Lawas tahun 2024. Penanaman bibit cabai dan durian hingga penebaran bibit ikan di kolam tersebut merupakan program untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat desa.

Sebelum penanaman cabe, acara diawali dengan penyerahan Bibit Produktif yang dihibahkan oleh PT. EMPE TONGA Bakrie Groub sebanyak 300 batang, yaitu Bibit Durian Musang King, Bokor dan Montong, Kelengkeng, alpukat, rambutan serta kelapa, yang serahkan langsung oleh Pj Bupati, Selain itu, Pj Bupati juga menyerahkan 1 unit traktor dan 1 unit mesin pompa yang diterima oleh perwakilan Masyarakat Desa Sayur Matua.

Pejabat (Pj) Bupati Padang Lawas, Ir Ardan Noor Hasibuan MM, mengatakan penamaan cabai dan durian serta penaburan benih ikan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah dan juga langkah konkret dalam menopang ketahanan serta menjadi penggerak ekonomi masyarakat sehingga mampu untuk berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kegiatan penanaman perdana cabai dan durian serta penyebaran benih ikan ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan terhadap dunia pertanian dan perikanan serta dapat menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat kita, “ujar Pj Bupati.

“Mari, kita manfaatkan sumber daya yang ada, baik di darat, udara dan air untuk memastikan bertumbuh dan berkembangnya perekonomian masyarakat seperti pertanian, dan perikanan, “tutupnya.

Read More

Kepala desa Sayur Matua, H Lawali Hasibuan mengucapkan terimakasih kepada semua instansi termasuk PT.EMPE TONGA yang telah memberikan bantuan bibit tanaman, terkhusus kepada PJ Bupati Ir. H. Ardan Noor Hasibuan dan rombongan yang telah mengunjungi desa Sayur Matua. (Wahyu P Siregar)

Related posts