Minim Pembangunan, Masyarakat Angkola Timur Titip Harapan ke BAGUSI

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Tiga tahun pasca kepemimpinan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) periode 2021-2024, masyarakat di kecamatan Angkola Timur menitipkan harapan ke pasangan calon (paslon) Bupati nomor urut 1, Gus Irawan Pasaribu dan Jafar Syahbuddin Ritonga. Masing-masing harapan itu tentang minimnya pembangunan pada desa mereka.

Harapan dan keluhan masyarakat itu disampaikan saat temu ramah Bersama Gus Irawan dan Syahbuddin (BAGUSI) dengan agenda Mangalap Pagomos Aspirasi (MANGOPI) di beberapa desa di Kecamatan Angkola Timur, Selasa (15/10/2024).

Di desa Huta Ginjang, warga menyampaikan harapannya kepada Gus Irawan dan Jafar Syahbuddin ketika nantinya terpilih, agar tidak lupa kepada masyarakat sebagaimana mereka alami pada kepemimpinan sebelumnya. Mereka ingin mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah daerah kabupaten Tapsel yang minim perhatian.

“Harapan kami ke depannya, bisa lebih baik dari yang kurang-kurang di periode sebelumnya. Kami minta ketika pak Gus terpilihnya nantinya agar tidak lupa kepada kami,” kata Monggur Pohan mewakili kaum ibu yang turut menghadiri kunjungan BAGUSI di Warung Kopi Abdi milik Nurdina Siregar.

Rasa percaya diri paslon nomor urut 1 itu menang pada pilkada Tapsel mendatang, Monggur meyakinkan pasangan Gus-Jafar dapat meraih 95 persen suara pemilih di desa itu. Dengan serentak, kaum ibu dan bapak yang hadir malam itu mengamini pernyataan Monggur.

Di sisi lain, warga desa Huraba yang juga diinisiasi kaum ibu dan bapak itu, menaruh harapannya kepada calon Bupati Gus Irawan. Mereka mengharapkan BAGUSI Tapsel Kembali Bangkit tepat janji dan dapat menciptakan pembangunan yang merata, tidak pilih kasih.

“Hami dukung do bapak, tapi bapak pe mandukung hami mattong (kami dukungnya bapak, tapi bapak pun mendukung kami lah tentunya). Bahat do pangidoan ni ami, tarmasuk mai mangido so monang bapak soleng bisa hami mangido dukungan sian bapak (banyaknya permintaan kami, termasuk lah kemenangan bapak agar bisa nantinya kamu meminta dukungan dari bapak),” ucap Ratna Harahap yang juga meyakinkan paslon Gus-Jafar dapat meraih suara pemilih di atas 90 persen di desanya.

Read More

Selain dukungan dan harapan kabupaten Tapsel dapat dipimpin Gus Irawan nantinya, ramainya warga yang menyambut kedatangan rombongan BAGUSI itu juga mendoakan agar niat baik dan tulus paslon nomor urut 1 dapat terwujud serta terpilih pada 27 November mendatang.

“Terima kasih atas kunjungan pak Gus beserta rombongan ke desa kami, tentunya kesehatan bapak lah yang pertama kami doakan. Terkait niat untuk memBAGUSI Tapsel ini, kami sedia mendukung dan siap memenangkan calon nomor urut 1,” tutur salah satu tokoh masyarakat (Hatobangon) di desa Huraba, Fendi Sitompul.

Sementara, di desa Pintu Langit Julu, tepatnya di warung kopi Evan milik Aswin Siregar, warga terlihat menantikan kehadiran Gus Irawan. Selain dukungan penuh dan kesiapan BAGUSI Tapsel Kembali Bangkit, di situ warga juga mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah daerah.

Zurman Batubara, salah satu tokoh masyarakat mengungkapkan rasa terharu akibat jauh ketinggalan pembangunan di desa tersebut. Masyarakat di desa itu merasa diberi harapan palsu, janji yang belum kunjung diwujudkan, seperti pembangunan jalan usaha tani.

“Pembangunan rabat beton, pengadaan menara Mesjid yang sudah lama kami ajukan, hingga hari ini tak kunjung diwujudkan. Hanya janji tinggal janji saja pak,” terang Zurman dan Partaonan Siregar di hadapan Gus Irawan.

“Habis ma periode, leng nasodong dope pembangunan di huta on (habislah periode, tetap tak ada pembangunan di desa ini),” teriak warga lainnya.

Menerima banyaknya pernyataan dukungan dari masyarakat di tiga desa itu, Gus Irawan Pasaribu didampingi Syahrul Pasaribu dan anggota DPRD Tapsel Heriansyah Siregar sangat berterima kasih atas kesediaan tersebut. Kepada warga, Gus Irawan mengajak, untuk mewujudkan hal itu semua, tentunya dibuktikan pada 27 November mendatang.

Nah, soal berbagai keluhan yang diutarakan masyarakat, Gus Irawan merasa turut prihatin. Namun, berulang disampaikannya, sebab kondisi itulah alasan dirinya bersama Jafar Syahbuddin maju mencalon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Tapsel.

Selain permintaan keluarga besar sehingga memutuskan meninggalkan jabatan di Senayan, dengan pertimbangan yang matang dan ucapan Bismillah, Gus Irawan meminta masyarakat tetap kompak bersatu untuk mewujudkan BAGUSI Tapsel Kembali Bangkit.

“Semua harapan dan keluhan yang disampaikan, sudah menjadi catatan saya dan akan menjadi program prioritas kami nantinya bila diberi amanah untuk memBAGUSI Tapsel ini,” pungkas Gus Irawan. (Nas)

Related posts