Foto bersama dengan Dosen University Of York England (Inggris), Pelin Derinalp PhD (foto:humas pemko)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Dalam rangka memberikan penguatan terhadap mahasiswa dan dosen tentang Bahasa Inggris dan penulisan jurnal internasional, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel) datangkan Dosen University Of York England (Inggris), Pelin Derinalp PhD.

“Selain mengajar, Pelin Derinalp sebagai dosen tamu juga akan melakukan penelitian berkolaborasi dengan dosen UM-Tapsel,” kata Rektor UM-Tapsel Dra.Muksana Pasaribu, MA pada acara penyambutan Visiting Lecturer (Dosen Tamu) dari Inggiris, Senin (23/12/2019) di Aula Seminar UM-Tapsel, Jl.St.Mohd.Arif, P.Sidimpuan.

Muksana Pasaribu menjelaskan, Pelin Derinalp menjadi dosen tamu di UM-Tapsel selama 14 hari.”Kehadiran dosen dari University Of York England bukan hanya sebagai prestise, tapi jadi motivasi bagi kita untuk menambah wawasan sekaligus pengembangan UM-Tapsel,” ujar Muksana.

UM-Tapsel sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Tabagsel, ungkapnya merupakan salah satu dari 58 perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Asean.

“Kerjasama yang kita jalin antara lain dengan perguruan tinggi di Thailand, Malaysia dan Brunei Darussalam,”ungkapnya.

(foto ; humas pemko)

Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir.Arwin Siregar mengatakan kehadiran Pelin Derinalp bukan hanya memberikan penguatan terhadap UM-Tapsel, tapi termasuk membawa harum nama Kota Padangsidimpuan ditingkat Internasional.

“Kehadiran dosen tamu jelas membawa dampak positif bagi penguatan pendidikan,” kata Arwin.

Dalam kesempatan itu Dosen Bahasa Inggris University of York England, Pelin Derinalp menjelaskan, dengan terus belajar, maka kita akan menyadari makin banyak hal yang belum kita pahami dan itulah sebabnya belajar itu tidak pernah selesai sehingga setiap orang dituntut untuk mampu mengeksplor dirinya sendiri.

Sebagai motivasi dalam mempelajari bahasa Inggris, Pelin Derinalp memberikan tips seperti membuat alat komunikasi dalam bahasa Inggris dan berteman dengan orang luar negeri dalam media sosial, sehingga dengan sendirinya termotivasi untuk menguasai bahasa Ingiris.

Ketua Panitia Visiting Levturer, Abdul Gatot mengatakan kegiatan tersebut dihadiri Ketua BPH UM-Tapsel, Miswar Zaini Lubis, mewakili Kadisdik Padangsidimpuan, A.Rahman Suhudi Nasution dan Universitas Aufa Royhan serta guru dan para siswa SMA yang diundang.(bs/r)