(Foto : Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Pentingnya mengingat sejarah bangsa Indonesia. Sehingga negara Indonesia tetap utuh dan kokoh, apalagi di era modern ini, bangsa Indonesia harus terus mengobarkan semangat juang para pahlawan yang telah gugur.

“Saya merasa senang bisa bersilaturahmi dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Padangsidimpuan. Semangat patriotisme dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan tidak boleh mati, harus tetap terpatri dalam sanubari semua warga negara Republik Indonesia,“ ujar Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH diwakili Asisten I Setdakota Iswan Nagabe Lubis, S. Sos, MM, usai tabur bunga di makam Pahlawan dalam pemperingati HUT LVRI ke 63 tahun 2020, Sabtu (4/1/2020).

Foto : Istimewa

Menurutnya, semangat itu harus terpatri terutama generasi muda, semangat para pejuang harus tetap membara. Supaya bisa membawa negara ini semakin jaya diberbagai bidang kehidupan. Banyaknya pengaruh dari luar, membuat anak bangsa semakin lemah rasa nasionalismenya. Sehingga bisa mempengaruhi berbagai kehidupan di Indonesia.

“ Peringatan ulang tahun LVRI ini sangat penting, karena ini merupakan tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia. Jika dahulu dimasa revolusi, fisik melawan penjajah. Para Veteran berjuang hidup dan mati, saat ini generasi muda harus melanjutkannya. Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, pejuang dan para pendahulu. Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang bisa memetik pelajaran dari apa yang terjadi di masa lalu. Kemudian mencarikan solusi terbaik untuk bisa meraih sukses dimasa depan, “ katanya.

Foto : Istimewa

Ketua LVRI Kota Padangsidimpuan Serma (Purn) Tarzan Pakpahan mengajak seluruh anggota veteran di Kota Padangsidimpuan kiranya bisa hidup sejahtera dan bisa menikmati kemerdekaan dengan menjalani yang hidup yang bahagia, karena, walau usia sudah uzur, kami tidak akan pernah mundur dan takut dengan keadaan.

“Jiwa perjuangan kami masih tetap melekat di dalam dada demi cita-cita untuk mewariskan nilai-nilai kejuangan 1945 kepada generasi penerus  bangsa dan senantiasa setia mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dalam koridor Bhineka Tunggal Ika dan siap melaksanakan peran sebagai pewaris nilai-nilai kejuangan 1945,“ ujar Tarzan.

Ia juga menceritakan pada masa penjajahan dulu banyak yang menjadi korban dan mereka sekarang disebut para pahlawan pejuang bangsa, dengan nyawa mereka pertaruhkan demi memperjuangan negara Indonesia yang merdeka seperti saat ini.

“Dengan mengambil tema HUT, ‘Melalui Peringatan HUT ke 63 LVRI, Memantapkan Upaya Pewarisan JSN 45 dan Kesejahteraan Veteran’, peringatan HUT LVRI ke 63, Tarzan Pakpahan juga mengajak generasi muda agar memahami perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan di tahun 1945, dimana kemerdekaan itu hasil perjuangan, bukan sebuah hadiah,“ tuturnya.(wm/harian9)