Wahana Keboen Batang Bahal di Kota Padangsidimpuan Dengan Fasilitas Terlengkap

Keindahan Keboen Batang Bahal yang alami (foto: A.M Pohan/wartamandailing)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Perkenalkan Wahana Keboen Batang Bahal yang berada di Desa Batang Bahal, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Sekarang ini tidak sedikit para pengunjung berdatangan ke kawasan Keboen Batang Bahal tersebut.

Awalnya, Keboen Batang Bahal ini hanya kebun tanaman seperti biasa yang ditanami banyak jenis tanaman buah layaknya tanaman kebun orang lain disekitar, bahkan dulunya ada beberapa kebun yang masih terlihat semak.

Namun adanya gagasan dari H. Muhammad Yunan Pulungan dan anaknya Fadly Pulungan, Kebun buah ataupun kebun bunga yang biasa-biasa saja ini diolah dan dikembangkan seindah mungkin sehingga menjadi Wisata Keboen Batang Bahal.

Keboen Batang Bahal yang sudah dikelola ini, walau minim perhatian dari Pemerintah setempat telah banyak dijadikan wisata keluarga, wahana permainan bahkan tempat ini banyak di lengkapi fasilitas lainnya.

Dalam dua tahun terakhir ini, obyek wisata Keboen Batang Bahal cukup ngehits di Kota Padangsidimpuan. Dimulai dari banyaknya ragam bunga dan jenis buah yang tumbuh di tempat ini, kemudian juga ditempat ini di fasilitasi Musholla, Aula rapat yang didesain seperti kapal, tempat kamping untuk anak pramuka dan keluarga serta masih banyak tempat yang membuat penasaran.

(Foto: A.M Pohan/wartamandailing)

“Bunga mataharinya jadi ciri khas disini, Keboen Batang Bahal sering dikunjungi dari berbagai sekolah bahkan dari siswa dari Taman Kanak-Kanak (TK), tidak jarang juga tempat ini digunakan untuk rekreasi keluarga,” ungkap Erni Suryani Dalimunthe istri dari Yunan Pulungan pengelola Wisata Keboen Batang Bahal ini.

Dikatakannya, dalam waktu singkat, Keboen Batang Bahal ini mampu mengambil hati warga masyarakat Kota Padangsidimpuan maupun wisatawan dari daerah lain untuk berdatangan ke tempat ini.

Read More

“Selain berbagai jenis makanan yang tersedia, Kopi Takar (tempurung) menjadi ciri khas ditempat ini,” sambung Erni kepada wartawan wartamandailing.com, Minggu (2/2/2020).

Dengan akses jalan yang mudah serta lokasinya yang sangat dekat dengan pusat kota, Keboen Batang Bahal tergolong tempat yang tidak banyak mengeluarkan biaya untuk kesini, sebab datang ke tempat ini dari pantauan wartawan hanya dipungut biaya parkir kenderaan saja.

“Pengunjung yang berdatangan kesini banyak memanfaatkan keindahan di lokasi ini dengan mengabadikan dokumentasi (selfie) dan tidak sedikit yang membagikannya ke media sosial mereka,” ujar Erni yang salah satu penggerak perempuan di daerah Kota Padangsidimpuan.

Dengan semangat Erni mengatakan, dalam pengelolaan wisata Keboen Batang Bahal ini juga sengaja dibuat untuk mengangkat perekonomian di Kota ini khususnya warga disekitar Batang Bahal.

salah satu dari pengunjung yang datang, Fitri Anjani mengungkapkan kepuasannya terhadap wahana yang ada di Keboen Batang Bahal ini, lokasinya alami dan mengasyikkan.

“Suasana alamnya terlihat sejuk, nyaman untuk membawa keluarga kesini, banyak keunikan yang bisa dilihat, pas untuk liburan kesini,” ucap Fipit yang biasa disapa kepada wartawan ini.

Banyak yang membuat penasaran di lokasi ini, beberapa tempat yang tersedia mempunyai cerita yang berbeda, sangat menarik untuk berkunjung ke tempat ini “Wisata Keboen Batang Bahal“.(wm)