(Foto: Dok. Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Jakarta – Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH hadiri rapat kerja dengan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Rapat yang membahas tentang upaya percepatan pembangunan di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) itu juga dihadiri Bupati Padanglawas, Ali Sutan Harahap ‘TSO’, Bupati Padanglawas Utara, Andar Amin Harahap SSTP MSi, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Aswin Siregar.

Dalam rapat itu, masing-masing kepala daerah memaparkan usulan pembangunan di Kabupaten/Kota se Tabagsel.

Walikota, Irsan pada kesempatan itu menyampaikan permintaan agar kiranya Kepala KSP, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dapat membantu pemerintah Kota Padangsidimpuan khususnya pada pembebasan lahan Ex HGU PTPN III yang sampai saat ini belum tuntas.

Dalam hal ini Pemko Padangsidimpuan sudah melalui tahapan demi tahapan dan telah duduk bersama juga dengan pihak PTPN III dan BPN.

“Terkait usulan pembangunan wilayah Tabagsel Bapak Moeldoko mengatakan nanti akan disampaikan langsung ke pak Presiden. Dan pak Moeldoko juga akan memanggil menteri-menteri terkait dalam rangka mempercepat realiasi usulan pembangunan yang kita sampaikan,” ujar Walikota Padangsidimpuan.

Dikatakan Irsan, Kepala KSP juga meminta setiap kepala daerah (Bupati/Walikota) agar segera menyiapkan pengusulan pembangunan prioritas di Kabupaten/Kota masing-masing.

“Dan khusus untuk Kota Padangsidimpuan sendiri terkait masalah pembebasan lahan dari pihak PTPN III Moeldoko mengatakan akan menjembatani langsung dengan Menteri BUMN Erick Tohir,” lanjut Irsan.

Kepala KSP, Moeldoko juga menyampaikan akan mengundang kepala daerah se Tabagsel untuk duduk bersama dengan Menteri yang terkait dapat tentang percepatan pembangunan di wilayah Tabagsel.(wm/r)