Astaga! 1 Mahasiswa IPB Positif Virus Corona

Ilustrasi penanganan virus corona (foto: istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Jakarta – Wali Kota Bogor Bima Arya membenarkan ada salah satu pasien positif virus corona atau Covid-19 di kawasan Sempur, Bogor Tengah. Pasien tersebut merupakan warga Jakarta yang berstatus sebagai mahasiswi di salah satu perguruan negeri di Bogor, Institut Pertanian Bogor.

“Yang dinyatakan positif COVID-19 adalah warga Jakarta yang kebetulan indekos di daerah Sempur. Informasi ini disampaikan oleh Dinkes Jakarta. Jadi, bukan warga Kota Bogor. Status mahasiswi,” ungkap Bima Arya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/3/2020).

Bima menjelaskan, pasien tersebut terpapar dari ayahnya di Jakarta.

“Begitu ayahnya positif, yang bersangkutan sudah tinggal di Jakarta. Namun, sempat pulang ke Bogor dan interaksi dengan lingkungan dan kampusnya,” kata Bima.

Maka sesuai dengan protokol pengendalian COVID-19 ini harus dilakukan tracing untuk mengetahui dengan siapa saja pasien ini pernah melakukan kontak yang erat.

“Pasien dirawat di rumah sakit di Jakarta. Pemkot Bogor berkoordinasi dengan Dinkes Jakarta dan saat ini langsung melakukan penelusuran terkait aktivitas yang bersangkutan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi IPB University Yatri Indah Kusumastuti membenarkan bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa IPB.

Read More

Sejak mengetahui bahwa ayahnya positif COVID-19, pihak IPB langsung berkoordinasi dengan Dinkes Kota dan Kabupaten Bogor untuk mengarantina mahasiswi tersebut.

“Semua proses dibantu sepenuhnya oleh Dinkes sampai yang bersangkutan dijemput ke Jakarta untuk dikarantina sesuai dengan protokol yang berlaku,” kata Yatrie saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Hingga saat ini, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Bogor mencapai 41 orang dengan 20 ODP di antaranya dinyatakan sudah bebas COVID-19 setelah melewati masa inkubasi 14 hari.

Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 2 orang dengan satu pasien di antaranya dinyatakan kembali sehat. Sementara positif COVID-19 di Kota Bogor masih nihil karena status mahasiswa IPB yang positif tengah dirawat di Jakarta.

(Sumber: idntimes.com)

Related posts