5 Tips Penggunaan Masker Kain, Jangan Asal Pakai ya!

3. Saat menggunakan masker, tangan dilarang menyentuh area luar masker

Saat sudah menggunakan masker mungkin kamu berpikir kamu sudah sepenuhnya aman dari ancaman virus. Tapi ada yang sering terlupakan nih yaitu, menyentuh bagian permukaan luar masker. Padahal, bagian terluar adalah filter pertama yang dilalui kotoran, debu hingga virus. Dengan menyentuh bagian luar masker, sama saja kamu memindahkan hal-hal tadi ke permukaan tanganmu. Waduh, bahaya juga ya, guys!

4. Setiap bahan kain punya efektivitasnya masing-masing

Perlu kamu ketahui bahwa kain memiliki efektivitas daya serapnya masing. Untuk itu, sebelum membeli masker kain, kamu harus tahu nih, apa jenis kain yang digunakan. Sebagai gambaran, misalnya untuk masker kain yang menggunakan bahan kain katun memiliki efektivitas daya serap hingga 69% lalu di bawahnya ada kain sarung bantal dengan efektivitas daya serap hingga 62%. Sementara untuk masker bedah dan N95, untuk saat ini hanya digunakan oleh para tenaga medis. Jangan salah beli ya!

5. Walau sudah memakai masker kita harus tetap jaga jarak

Mungkin kamu sudah merasa aman saat sudah menggunakan masker kain saat keluar rumah. Eits, tunggu dulu. Walau masker kain yang kamu gunakan sudah memenuhi standar yang dianjurkan pemerintah, kamu tetap harus melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik saat berada di luar rumah untuk menghindari droplet yang mungkin berasal dari orang di sekitar kamu. Walau begitu, kalau kebutuhannya nggak mendesak, ingat ya, lebih baik tetap #DiRumahAjaDulu!

Sumber: IDNTimes

Related posts