Sekda Tapanuli Selatan Terus Menghimbau Masyarakat Pedagang dan Pembeli Agar Menggunakan Masker (foto: humas)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Sebagai upaya menekan penularan virus Covid-19 yang saat ini dinyatakan pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO, Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan tidak bosan -bosannya selalu berupaya mengajak/menghimbau masyarakat agar selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan termasuk penggunaan masker.

Himbauan tersebut disampaikan Sekda Tapanuli Selatan, Parulian Nasution kepada lapisan masyarakat khususnya yang beraktivitas di pasar maupun pekan pada saat membagikan seribu masker kain gratis di Pasar Sigalangan, Kecamatan Batang Angkola, Tapanuli Selatan.

Dalam kunjungan Bupati Tapsel yang diwakili Sekda Parulian Nasution yang juga selaku Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, penanganan Covid-19, butuh dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Karena saat ini pemerintah telah melaksanakan gerakan tetap di rumah dengan meliburkan kegiatan pendidikan, melaksanakan ibadah di rumah, dan membatasi kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

“Sedangkan untuk masyarakat yang beraktifitas jual beli di pasar tidak mungkin ditutup, maka dari itu kita juga meminta kepada para pedagang maupun pembeli untuk selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Apabila keluar rumah gunakanlah masker dan selalu ikuti anjuran pemerintah, jangan anggap remeh agar kita terhindar dari penyebaran Covid-19 ini.” ujar Sekda, Jumat (15/5/2020).

Selain itu, Pemkab Tapanuli Selatan akan selalu berupaya untuk membagikan masker gratis kepada pedagang dan pembeli serta masyarakat, mengingat para pedagang yang setiap hari selalu berinteraksi dengan banyak orang. Karena menurutnya penggunaan masker itu sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Penggunaan masker juga sangat membantu untuk mencegah penularan virus Covid-19 melalui droplet atau cairan yang terpercik dari mulut atau hidung. Jadi para pedagang juga diminta untuk tetap menjaga jarak (physical distancing) dan sering mencuci tangan pakai sabun serta jaga kebersihan lingkungan. Jika merasa ada gejala Covid-19 segera lapor ke petugas Kesehatan,” pintanya.

Disamping itu, Parulian Nasution juga menyampaikan beragam aksi juga telah dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Antara lain dari mulai himbauan, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan tempat ibadah, serta memperketat penjagaan pintu masuk perbatasan dengan kabupaten tetangga.(r/yus)