Gubernur Sumut Bersemangat Genjot Budidaya Bawang Putih di Humbang Hasundutan

(Foto: Dokumentasi Humas)

Pada kesempatan itu juga, Bupati Humbahas, Dosmar menyampaikan, ada sekitar 50 hektare lebih lahan yang ditanami bawang putih di Humbahas saat ini dan kali ini di Lintong Nihuta dengan lahan 2 hektare mampu menghasilkan kurang lebih 30 ton.

“Kita sudah mulai menanam bawang putih sejak akhir 2018 dan di 2019 ada peningkatan secara kualitas dan kuantitas. Kemudian kita mencoba memperluas lahan tanam dan hasilnya sangat bagus,” kata Bupati Humbahas Dosmar.

Dosmar juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut yang sangat peduli dengan petani di Humbahas. Menurutnya ini akan memberikan dorongan semangat kepada para petani untuk menanam bawang putih.

“Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur yang sangat memperhatikan kami. Banyak bantuan yang kami terima dari Pemprov Sumut untuk mengembangkan pertanian di sini. Ini akan memicu samangat para petani untuk meningkatkan kualitas khususnya bawang putih,” pungkas Dosmar.

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting mendukung kebijakan Gubernur untuk sektor pertanian di Humbahas. Dia juga meminta anggota DPRD asal pemilihan Humbahas untuk memantau dan membantu petani-petani yang ada di Humbahas.

“Ini saya bawa anggota DPRD Sumut yang Dapilnya di sini, Dapil 9. Mereka harus memantau ini dan membantu petani-petani yang ada di sini,” kata Baskami.

Salah satu petani bawang putih Robert Sinaga mengatakan sangat berterima kasih kepada pemerintah karena peduli dengan nasib petani. “Saya sangat berterima kasih kepada Gubernur dan Bupati yang sangat peduli dengan nasib petani. Kami sudah sangat banyak dibantu. Mudah-mudahan semua program pemerintah untuk petani berjalan bagus. Jadi kami tidak kesulitan,” kata Robert.

Read More

Setelah memanen bawang putih, gubernur dan rombongan menyempatkan diri untuk menanam bibit bawang merah di Desa Hutasoit II dan memberikan bantuan pangan kepada petani. Kemudian rombongan mengunjungi pembibitan kentang milik salah satu perusahaan swasta terkemuka Indonesia di Desa Paraingguran II.(wm/humas)

Related posts