Sosok Kegigihan Kades Aek Nabara, Berjibaku Memajukan Desa

Kepala Desa Aek Nabara, Kecamatan Panyabungan Timur, Mandailing Natal, Mahdi Nasution (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Peran Kepala Desa (Kades) meliputi pelayanan terhadap masyarakat serta melindungi masyarakat dari segala bentuk ketidakadilan. Pentingnya jabatan kepala desa memberikan makna tersendiri bagi masyarakatnya. Kepala desa yang terpilih adalah orang-orang tertentu yang berpengaruh besar terhadap desa.

Menjadi Kepala Desa artinya menjadi pelayan masyarakat. Untuk menjadi seorang pelayan masyarakat tentunya memiliki hati yang tidak hanya kuat tetapi juga harus luas. Karena hanya dengan kondisi hati yang seperti itu, maka akan timbul keikhlasan didalam menjalankan apa yang menjadi tanggungjawab.

Karakter seorang Kepala Desa seperti ini sangat cocok untuk diungkapkan kepada Mahdi Nasution yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Aek Nabara, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, sebab kegigihan dan bentuk inovasinya dalam memajukan desa diakui dan didukung oleh masyarakat Desa Aek Nabara.

Desa Aek Nabara terletak diujung timur kota Panyabungan, desa itu salah satu Desa yang berbatasan dengan Kabupaten Padang Lawas dan Provinsi Sumatera Barat, dari sumber yang terpercaya masyarakat Desa Aek Nabara ini berjumlah 16 Kepala Keluarga(KK) dan 81 jiwa terdiri dari 45 orang laki laki dan 36 orang perempuan

Saat ini, akses ke desa Aek Nabara hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja, yakni dari Poken Kamis, Pasaman Timur, Sumatera barat sebab jika ditempuh dari dari Pusat Kota Panyabungan dengan kenderaan roda dua hanya bisa ditempuh sampai di Desa Pagur, Kecamatan Panyabungan Timur saja. Kemudian dari Desa Pagur, akses jalan cuma bisa ditempuh dengan jalan kaki dan memakan waktu hingga 6 jam agar sampai ke Desa Aek Nabara.

Kepala Desa Aek Nabara, Mahdi Nasution saat ditemui awak media, Rabu (17/3/2021) dan terlihat salah satu bukti kerja keras yang menjadi kebanggaan warganya itu saat ia berada di tengah proses pembangunan pembukaan jalan desa Aek Nabara yang ia gagas yaitu akses jalan dari Poken Kamis Pasaman Timur, Sumatera Bara menuju desa nya.

Kepada awak media ia menjelaskan, pembukaan jalan dari desa nya sepanjang 21 kilo meter itu bersumber dari Dana Desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat, ia menyebut, dengan kerja keras dan dukungan warganya, pembukaan jalan itu tercapai juga.

Read More

“Alhamdulillah dengan kerja keras dan dukungan dari masyarakat Desa Aek Nabara pembukaan jalan ini tercapai juga, dan atas nama Kepala Desa Aek Nabara saya berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal,” ucap Mahdi.

Terpisah, salah seorang warga Desa Aek Nabara mengatakan, salut dan bangga atas kerja keras Kepala Desa yang telah berjibaku untuk memajukan desa mereka, selain pembukaan jalan, diungkapkannya lagi, sebelumnya ditahun yang lalu, Kepala Desa (Mahdi) juga pernah membangun rumah buat warga.

“Kami, masyarakat Desa Aek nabara berharap juga Pemerintah Daerah dan pemerintah Pusat dapat membangun Sekolah Dasar (SD) di desa ini, agar anak anak tidak buta huruf karna tidak sekolah,” harap Ali Warga Desa Aek Nabara. (lb)

Related posts