Walikota Padangsidimpuan Ikuti Rapat RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2019-2023

Walikota Padangsidimpuan Ikuti Rapat RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2019-2023 (foto: Dokumentasi Humas)

WARTAMANDAILING.COM, Medan – Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang), Drs. M. Yusar Nasution mengikuti Rapat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2019-2023 di Grand Ballroom Hotel Santika Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Kamis (3/6/2021).

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi pada sambutannya mengatakan, perubahan RPJMD Sumut diarahkan ke fokus Pembangunan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) atau Stimulus Ekonomi yang diarahkan pada produktivitas masyarakat.

“Yang pertama, Fokus Anggaran yang dalam rangka pembangunan, ini kita alihkan untuk melakukan kegiatan Kesehatan. Fokus Penguatan Kesehatan sampai 60 sekian persen,” ujar Gubsu.

Kemudian yang kedua, Stimulus Ekonomi yang diarahkan pada Produktivitas, bukan Konsumtif. Ini yang dirubah, sehingga anggaran itu cenderung melakukan perubahan disana.

“RPJMD yang diharapkan itu dengan pasti, otomatis akan berubah. Inilah kita lakukan evaluasi dan kita sampaikan kepada masyarakat bahwa RPJMD 2019-2023 berubah dari rencana awal,” ungkap Edy.

Edy juga memaparkan inti Perubahan RPJMD Sumut tahun 2019-2023 yang terangkum dalam 8 Rencana Perubahan Prioritas Pembangunan yakni:

  • Peningkatan Sarana dan Prasarana Ketenagakerjaan.
  • Peningkatan Akses dan Mutu Pendidikan.
  • Konektivitas Antar Pusat Pertumbuhan Wllayah dan Pusat-pusat Produktivitas.
  • Peningkatan Sarana dan Prasarana Layanan Kesehatan.
  • Peningkatan Nilai Tambah Sektor Agraris.
  • Peningkatan Nilai Tambah Sektor Pariwisata.
  • Peningkatan Sosial Kemasyarakatan dan Olahraga dan
  • Reformasi Birokrasi, Tata Kelola Pemerintahan dan Layanan Publik.

Contohnya untuk Peningkatan Sarana dan Prasarana Ketenagakerjaan sebut Edy, adalah pembangunan Pusat Balai Latihan Kerja Terpadu (BLK Centre). Untuk Prioritas Kesehatan yakni Peningkatan Sarana dan Prasarana Layanan di RS Haji Medan dan RS Jiwa.

Read More

“Sementara di Pndidikan yakni Revitalisasi 4 SMA Negeri sebagai Pilot Project Sekolah Bersih, Pembangunan 22 Sekolah baru (SMA dan SMK). Untuk Konektivitas Antar Pusat Pertumbuhan Wilayah dan Pusat-pusat Produktivitas, diantaranya Peningkatan Ruas Jalan menuju Bukit Lawang dan Tangkahan serta Peningkatan Ruas Jalan Pantai Timur,” papar Edy.

Turut hadir pada Musrenbang Perubahan RPJMD itu, diantaranya Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, Plt Sekdaprov Sumut Afifi Lubis.

Dan hadir juga sejumlah Bupati dan Walikota se Sumut, Plt Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis, para pimpinan OPD Pemprov Sumut, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Sumut.  (r)

Related posts