UAS: “Kami Bayar untuk Berangkat Haji, Bukan Duit Kami Dipakai untuk Bangun Jalan atau Investasi”

Ustadz Abdul Somad (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Jakarta – Cuplikan video dakwah Ustad Abdul Somad (UAS) viral lagi di media sosial, video yang diunggah pada Minggu, 6 Juni 2021 oleh akun Facebook bernama Alfie Al Bayhaqi menjadi pembicaraan publik.

Dalam video tersebut, UAS tampak membicarakan dana haji yang menurutnya digunakan pemerintah dan membuat umat Islam mengamuk. Sebab, saat ini situasi Tanah Air cukup panas lantaran calon jamaah haji 2021 tidak bisa berangkat, dan dana haji turut dipersoalkan.

“Duit gak ada, dipakai dana haji. Umat Islam ribut, umat Islam mengamuk, kami bayar haji untuk berangkat haji! Bukan duit kami dipakai untuk bangun jalan, investasi,” sebut UAS dalam video tersebut.

Dalam unggahan video itu, UAS juga mengatakan, jika umat Islam sudah mengamuk, baru mereka berhenti. Namun, jika sebaliknya, maka uangnya tetap dipakai. UAS pun mengingatkan untuk para petinggi Tanah Air, bahwa kelak semua perbuatan mereka akan dipertanggungjawabkan di hadapan yang maha kuasa.

“Yang punya jabatan, yang punya kekuasaan, kalian akan dituntut di hadapan Allah SWT. Silakan jadi gubernur, silakan jadi wali kota, silakan jadi presiden, jabatan kalian hanya dua periode, tapi hisab kalian di akhirat kekal selama-lamanya,” pungkas Abdul Somad.

Sementara itu, seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (8/6/2021), Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan, tak ada dana haji yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Ia menambahkan, pada 2019 ada perubahan pengelolaan dana haji. 50 persen dana haji akan di tempatkan di bank syariah, 30 persen di surat berharga, 20 persen investasi langsung, dan sisanya investasi lainnya.

Read More

“Rencananya, investasi langsung tersebut terkait ibadah haji. Contohnya dengan BRI kita mau joint venture untuk akuisisi perusahaan pengadaan valas di Arab Saudi,” kata Anggito. (WM/kompas.com)

Related posts