(Foto: WartaMandailing/Adi)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Mulai hari ini, Jumat (16/7/2021) hingga (21/7/2021) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara resmi diberlakukan.

Hal itu disampaikan Kapolres Mandailing Natal (Madina), AKBP Horas Tua Silalahi, S.I.K, MH melalui Kasatlantas Polres Madina, AKP Septian, SH, S.IK, MH. Disebutkan, PPKM Mikro digelar di dua titik, yakni di Kelurahan Simangambat Kecamatan Siabu tepatnya perbatasan Kabupaten Madina dengan Perbatasan Tapanuli Selatan.

Kemudian, pada titik ke dua yakni di area perbatasan Sumatera Utara (Sumut) dengan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tepatnya di Kecamatan Kotanopan.

“Satuan Polres Madina bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten Madina bersatu padu dan bersinergi dalam melaksanakan PPKM, mengingat kondisi wilayah Sumut saat ini dalam kondisi darurat,” papar Septian.

“Kami mengapresiasi masyarakat dan menghaturkan terima kasih atas kesadarannya yang telah mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), umumnya kepada masyarakat banyak dan khususnya kepada masyarakat Madina yang turut serta meminimalisir penularan covid-19,” tambahnya.

Dikatakan Kasatlantas, di Pos PPKM Mikro tersebut, paihaknya melaksanakan vaksinasi massal dan melakukan penyekatan kenderaan, baik pengendara yang hendak masuk ke daerah Madina maupun yang menuju ke Sumatera Barat.

“Saat pemeriksaan kami meminta kepada para pengendara harus memiliki dokumen seperti tes antigen dan hasil test swab,” sambung Septian.

Ia juga menghimbau kepada warga agar mengurangi dan membatasi untuk bepergian, sebaiknya, kata Septian, saat diberlakukan PPKM, warga harus senantiasa mentaati prokes.

“Selalu menggunakan masker jika harus keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna memutus mata rantai penularan Covid-19,” pungkasnya.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Madina yang melibatkan sejumlah personil dari pihak TNI/Polri serta sejumlah petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). (Adi)