Pemerintah Arab Saudi Kembali Buka Umrah, Termasuk Bagi Jemaah Indonesia

Foto: Unsplash.com/tasnim umar

WARTAMANDAILING.COM – Kabar gembira untuk jemaah Indonesia, dikabarkan pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali ibadah umrah internasional termasuk bagi jemaah asal Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri, Sabtu (9/10/2021).

Retno mengatakan, dibukanya ibadah umrah bagi jemaah asal Indonesia itu setelah melalui pembahasan yang cukup lama, baik pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan juga Menteri Agama.

“Melihat perkembangan penanganan covid-19 di Indonesia yang semakin baik, maka Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kini memberikan izin untuk jemaah Indonesia melaksanakan Ibadah Umrah,” kata Retno.

Dipaparkannya, kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia.

“Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umroh Indonesia untuk melakukan ibadah umroh,” tambah Retno.

Di dalam nota diplomatik tersebut, sambungnya lagi, juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah.

Read More

Kemudian mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

“Kabar baik ini akan segera dindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya,” tuturnya.

Retno juga menyampaikan, Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini.

“Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama,” pungkasnya.

Sumber: HK/viva.co.id

Related posts