Kepala Balai "Insyaf" Medan, Drs. Ahmad Sulaiman mewakili Kemensos RI menyerahkan bantuan kepada ibu Tiasum warga desa Silogun (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Mendapat informasi setelah membaca berita di media online Warta Mandailing tentang salah satu warga Desa Silogun, Kecamatan Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang tinggal di rumah tidak layak huni dan membutuhkan perhatian dari pemerintah, Tiasum (53) dikagetkan dengan kedatangan rombongan Balai “Insyaf” Medan bersama sejumlah tim dari perwakilan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Tiasum, ibu dari enam anak itu menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur atas kunjungan rombongan tersebut ke rumahnya. Dengan senang hati ia menerima bantuan yang diserahkan langsung oleh Kepala Balai “Insyaf” Medan beserta rombongan.

“Syukur Alhamdulilah, terima kasih pak telah bersedia datang kesini, terima kasih atas bantuannya,” ucap Ibu Tiasum.

Kepala Balai “Insyaf” Medan, Drs. Ahmad Sulaiman saat dikonfirmasi wartawan membenarkan hal tersebut, ia bersama tim dari Kemensos sengaja menyambangi kediaman Ibu Tiasum pada hari Senin, 22 Noveber 2021 setelah mengetahui informasi dari pemberitaan Warta Mandailing kemarin.

“Selain menyerahkan bantuan ke ibu Tiasum, kami juga sekaligus meninjau kondisi desa dan kondisi kehidupan di desa Silogun,” ujar Ahmad Sulaiman melalui pesan singkatnya, Selasa (23/11/2021).

Ia mengungkapkan, mewakili Kemensos melalui balai yang dipimpinnya, menyerahkan bantuan berupa sembako kepada keluarga Tiasum yang tinggal bersama ke enam anaknya di salah satu rumah yang beratapkan daun salak dan berdindingkan bambu.

“Untuk menuju ke desa Silogun, kami berangkat dengan berjalan kaki melewati hutan pinus dari desa Limau Manis, Kecamatan Muara Sipongi sepanjang 1,5 KM. Meski harus menyeberagi sungai dan melalui hutan dengan medan yang cukup berat, saya bersama tim lainnya tiba juga di rumah ibu Tiasum,” tutur Ahmad.

Dijelaskannya, setelah meninjau langsung kondisi desa tersebut, Tiasum dengan salah seorang warga yang sebelumnya juga ada diberitakan Warta mandailing, Dasmia menjadi prioritas untuk mendapatkan bantuan berupa bedah rumah yang juga merupakan program dari Kemensos RI.

“Kepada ibu Tiasum dan ibu Dasmia sudah kita lakukan pendataan sebagai warga miskin yang diajukan untuk mendapatkan program bedah rumah. Saat ini sedang di proses di Kemensos,” pungkas Kepala Balai “Insyaf” Medan, Ahmad Sulaiman. (Syahren)