BABINSA Koramil 17/Natal Gencarkan Serbuan Vaksinasi di Desa Sikara Kara (foto: Kodim Tapanuli Selatan)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Untuk mendukung percepatan program pemerintah dalam rangka serbuan vaksinasi covid-19, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Natal Kodim 0212/Tapsel, Serma Hery Sofyan melaksanakan kegiatan vaksinasi covid-19 kepada warga desa Sikara Kara, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Kegiatan vaksinasi covid-19 tersebut dilaksanakan, Rabu (24/11/2021) di desa Sikara kara 2 yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan UPT Puskesmas Sikara Kara dan dimotori oleh Tim Vaksin Mobile Dalihan Natolu Kodim 0212/TS.

Serma Hery Sofyan menuturkan, kegiatan serbuan vaksinasi dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi kepada masyarakat desa Sikara Kara. Ia sengaja mendampingi warga binaannya, dengan tujuan untuk memberikan rasa aman. 

”Kepada warga jangan takut divaksin, karena vaksin aman dan halal, untuk masyarakat yang ingin mengikuti vaksin bisa mendaftarkan diri kepada tenaga kesehatan maupun Babinsa yang ada di wilayah agar diatur jadwalnya guna menghindari tidak terjadi penumpukan,” himbau Hery.

Hery bersama tenaga kesehatan lainnya menekankan kepada peserta vaksinasi tetap menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti prosedur tahapan yakni vaksinasi yang diberikan sebanyak dua kali dengan waktu jeda yang sudah ditentukan setelah menerima suntik vaksin pertama atau setelah menerima pesan SMS dari Call center 119.

“Setiap warga yang akan divaksin harus melalui empat tahapan. Pertama daftar sesuai dengan KTP, skrining riwayat penyakit, tensi darah, suhu tubuh oleh dokter sebelum menerima suntik vaksin, kemudian setelah suntik vaksin warga harus menunggu selama 30 menit untuk mengetahui perkembangan tubuh, setelah waktu tunggu 30 menit selesai, warga menerima surat bukti telah di vaksin,” pungkas Serma Hery.

Warga sangat antusias dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya kepada Babinsa atas pelaksanaan dan pemberian vaksin tersebut. Warga berharap kegiatan ini dapat ditularkan ke desa-desa yang lainnya di wilayah kecamatan Natal. (Nas/r)