Rony Saputra Siregar (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) sekaligus Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap jasa-jasa para guru yang telah berkontribusi memajukan nasib bangsa Indonesia.

Peringatan hari guru yang ditetapkan setiap tanggal 25 November kali ini bertemakan ‘Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan‘. Atas jasa-jasa guru tentunya tidak terlepas dari sejarah yang mempunyai banyak makna untuk dijadikan pelajaran bagi kita.

“Guru bukanlah orang hebat namun dari ketulusan dan keikhlasan guru dalam mengajarkan ilmu maka lahirlah orang-orang hebat . Namun juga, sebaik-baik orang hebat adalah orang yang memberi manfaat bagi sesamanya sebagai bukti rasa syukur akan nikmat yang Allah berikan. Sejatinya kita adalah Guru,” kalimat yang diungkapkan Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Padangsidimpuan, Rony Saputra Siregar.

Rony Saputra yang juga merupakan sekretaris di Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan kepada wartawan mengatakan, berawal dari guru untuk mengajari diri kita untuk memahami siapa diri kita dan maksimal dalam wujud penghambaan kepada sang Pencipta.

“Guru dalam mengajari nafsu dan hasrat kita dalam membatasinya hingga mengantisipasi diri pribadi untuk menjadi pribadi yang baik,” tulis Rony melalui pesan singkatnya ke Warta Mandailing, Kamis (25/11/2021).

Menurut Artis Tabagsel yang populer dengan lagu-lagu Mandailing itu, momen hari guru sepantasnya mengingatkan diri masing-masing untuk menghargai betapa perjuangan seorang guru sangat berpengaruh pada diri kita yang sekarang ini.

Sebab, kata Rony, keberhasilan kita dan apa yang kita dapatkan hari ini adalah juga berkat guru yang telah mengajari kita bertahun-tahun yang lalu dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

“Terima kasih Guru, Selamat Hari Guru Nasional tahun 2021,” pungkas alumni SD Negeri 21 Kebun Kelapa yang sekarang SDN 200208 Kota Padangsidimpuan itu.

Hal senada juga diungkapkan dari salah seorang pria berprofesi Arsitek dari Kota Padangsidimpuan, Faisal Daulay. Ia menyebut, dirinya tidak akan bisa menjadi sukses dan berhasil jika tidak karena jasa seorang guru. Bangsa ini juga bisa maju dan sejahtera karena jasa guru yang setia mengajar dan mendidik anak bangsa generasi muda.

“Saya menganggap guru itu adalah pahlawan bagi diri saya dan bagi bangsa Indonesia,” tegas pria yang hobi olah raga Voli itu.

Pada momen peringatan hari guru ini, selain ucapan selamat, Faisal juga berharap kepada para guru selalu semangat mengabdi, berbakti, mempersatukan serta membagi pengalaman yang mendidik untuk kemajuan bangsa dan negara.

Sebaliknya bagi para pelajar, ia berpesan, agar selalu menghormati guru dan belajar dengan bersungguh-sungguh agar kelak menjadi orang yang berhasil dan berguna bagi bangsa.

“Selamat Hari Guru Nasional dan dirgahayu HUT PGRI, terus semangat dalam mencerdaskan anak didik, wujudkan pendidikan yang semakin bermutu dan berkualitas,” ucap pria alumni SMP Negeri 6 Kota Padangsidimpuan itu. (Nas)