Diduga Mark Up, Pengadaan Lampu Jalan Solar Cell Desa di Tapsel Jadi Sorotan

  • Bagikan
Potret lampu jalan solar cell yang terpasang di salah satu desa bersumber dana APBDes tahun 2021 (foto: Warta Mandailing)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Pengadaan lampu jalan solar cell (tenaga surya) seluruh desa di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang menganggarkan dan bersumber dari dana desa pada tahun anggaran 2021 jadi sorotan publik.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, untuk pemasangan dan pengadaan lampu jalan solar cell tersebut dianggarkan Rp. 19 juta per unitnya oleh masing-masing desa, sebab itu kuat dugaan terindikasi mark up dan sarat penyimpangan.

Secara kasat mata, pengadaan lampu jalan tenaga surya yang terpasang ini tidak sesuai dengan alokasi anggaran dan jauh dari tingkat kewajaran penganggaran.

“Saya menilai ada dugaan mark up dalam pengadaan lampu jalan ini jika benar harga per unitnya Rp. 19 juta an, apalagi di masa pandemi ini dana desa diprioritaskan untuk kesejahteraan warga,” tandas Fendi warga yang berdomisili di kecamatan Angkola Selatan.

  • Bagikan