HKTI Madina Tanam Perdana Bawang Merah

  • Bagikan
HKTI Kabupaten Mandailing Natal bersama warga lakukan Tanam Perdana Bawang Merah (foto: Syahren)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaksanakan tanam perdana bawang merah di Kelurahan Pidoli Dolok, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina, Minggu (6/3/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua HKTI Kabupaten Madina, Muhammad Yakuf Hasibuan bersama Bendahara HKTI, Ahmad Goilan serta sejumlah pengurus HKTI lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua HKTI, M. Yakuf Hasibuan menuturkan, kegiatan ini adalah program kerja HKTI Madina tahun 2022 yaitu tanam perdana bawang merah.

“Hal ini diharapkan lebih memberi motivasi dan semangat anggota kelompok untuk budi daya bawang merah,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan uji coba pembibitan tanam bawang merah ini dilakukan di lahan tidur yang digarap HKTI Madina seluas seperempat hektare.

“Lahan yang kita garap dan budi daya bawang merah ini bertujuan untuk pengembangan bibit bagi kelompok tani yang ada di kabupaten Madina,” ucapnya.

Diperkirakan bila tidak ada kendala dan bagus perkembangannya, sambung Yakuf, bawang merah ini bisa panen dan menghasilkan bibit nantinya sebanyak 2,5 ton.

Selain tanam bawang merah, HKTI Madina juga sedang mulai menanam cabai merah dengan luas lahan setengah hektare dengan jumlah bibit 9.000 batang.

“Untuk hasil panen cabai merah nantinya diperkirakan mencapai satu ton dalam seminggu,” tutupnya.

Sementara, Bendahara HKTI Madina, Ahmad Goilan menuturkan bahwa dari dua lahan pertanian yang sedang digarap, menghabiskan biaya ratusan juta rupiah.

“Ini baru tahap tanam,” pungkasnya.

Amatan awak media, dengan hadirnya HKTI Madina dan membuka lahan pertanian di wilayah ini, dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 20 orang.

Tentu hal ini memberikan dampak yang sangat positif bagi warga sekitar yang tidak memiliki lapangan kerja. (Syahren)

  • Bagikan