Tanam Perdana Bawang Merah di Desa Mompang Dipimpin Plh Sekdako Rahuddin Harahap

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Pj Wali Kota Padangsidimpuan, Letnan Dalimunthe, yang diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah, Rahuddin Harahap, memimpin kegiatan tanam perdana bawang merah di Desa Mompang, Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, pada Kamis (12/10/2023).

Kepala Desa Mompang, Aidul Putra Harahap, menyampaikan ucapan selamat datang di Desa Mompang. Ia juga berharap kedatangan Pimpinan menjadi penyemangat bagi petani untuk produktif, harapnya.

Sementara Ketua Koptan Simangornop, Ardiansyah Siregar, menyebutkan kegiatan tanam bawang sudah rutin mereka laksanakan. 

“Kali ini kami akan menanam bawang merah dilahan seluas 3000 meter persegi, dengan harapan hasil yang didapat antara 2,5 hingga 3 Ton 2”, ungkapnya.

Plh Sekretaris Daerah, Rahuddin Harahap, menyoroti urgensi kemandirian pangan, mengakui tantangan global dengan semakin banyaknya populasi manusia dan keterbatasan lahan. Ia memberikan apresiasi kepada Ketua Koptan Simangornop sebagai salah satu tokoh petani milenial yang berperan aktif dalam mendorong produktivitas petani di Angkola Julu.

“Saya juga ingin menyampaikan, produksi bawang merah yang sebelumnya 0 hingga saat ini 50% telah bisa memenuhi kebutuhan kota Padangsidimpuan dibawah pimpinan kita sebelumnya Pak Irsan Efendi. Dengan keberlanjutan pertanaman ini optimis untuk meningkatkan jumlah produksi bawang merah di Kota Padangsidimpuan”, tuturnya.

Rahuddin juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah untuk bekerja sama dalam hilirisasi, dengan harapan bawang merah dapat diolah secara beragam, memberikan dampak positif bagi masyarakat petani. Kehadiran sejumlah pejabat, termasuk Kadis Pertanian, Kadis PMD, Kadis Perindagkop, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Padangsidimpuan Angkola Julu, Kabag Prokopim, Kabag Perekonomian, PPL, dan Penyuluh Pertanian, memperkuat sinergi antarinstansi dalam mendukung kegiatan ini. (r)

Read More

Related posts