Menu
Warta Mandailing

Sekdakab Padang Lawas Buka Pelatihan Sehat dan Produktif Untuk Kelompok Penggerak PKK

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas, Arpan Nasution, S.Sos membuka pelatihan internet kepada kelompok penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas (dokumentasi)

WARTAMANDAILING.COM, Padang lawas – Pelatihan Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Internet Sehat dan Produktif untuk Kelompok Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Padang Lawas dari Balai Besar Pengembangan  Sumber Daya Manusia dan Penilitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika di Aula Kantor Bupati sejak tanggal 10 s/d 11 Maret 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala Balai Besar Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Medan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas Nomor: 510/BBPSDMP-MDN/DL.02.07/ 02/2022 Tanggal 24 Pebruari 2022. Surat Plt. Bupati Padang Lawas kepada Plt. Ketua TIM Penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas  Nomor: 555/912/2022 perihal Permintaan Peserta Pelatihan TIK.

Peserta pelatihan berjumlah 60 (Lima Puluh) orang yang terdiri dari dari Ketua, Wakil Ketua, Seluruh Pengurus dan Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto M.Si hadir dalam acara pelatihan pengenalan TIK “Internet Sehat dan Produktif”. Menyampaikan bahwa Pemerintah RI melalui Kementerian Kominfo telah membangun sambungan  tanpa hambatan, bebas sinyal internet yang dapat menghubungkan seluruh Daerah Indonesia tanpa terkecuali bahkan seluruh penjuru dunia dalam istilahnya Tol Langit.

Tol Langit bertujuan untuk mengatasi kesenjangan digital. Pembangunan Jaringan internet yang disebut dengan Palapa Ring atau yang istilah Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, tol langit tidak hanya mempermudah konektivitas, berinteraksi tetapi juga bertujuan untuk mempercepat pelayanan pendidikan, kesehatan, sinergi sosial budaya juga memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Disamping itu juga kehadiran tol langit  juga untuk mendorong peningkatan ekonomi  khususnya UMKM melalui  digital marketing.

Pemanfaatan trasformasi digital di tengah masyarakat tidak hanya  berdampak positif tetapi juga  ada sisi negatif. Efek samping dari kemajuan TIK ini diantaranya, cepatnya penyebaran berita – berita bohong, pornografi, budaya instan serta membuat orang malas bergerak juga dapat meningkatkan kejahatan.

Sekdakab Padang Lawas, Arpan Nasution S.Sos  mewakili Plt. Bupati secara resmi membuka ‘Pelatihan Internet  Sehat dan Produktif di Kabupaten Padang Lawas‘. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan yang telah mengadakan pelatihan ini di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Palas.

“Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus siap menghadapi era digital. Kita tidak bisa menghindar dari era ini. Kesiapan menyogsong serta menghadapi tantangan  ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab kita semua,” papar Sekda, Arpan.

Arpan menambahkan, penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan mendapat tantangan yang  sangat kompleks. Misalnya pada era pandemi sekarang segala sesuatunya berubah, terutama interaksi sosial masyarakat. Pada masa pandemi individu berinteraksi sosial lebih banyak melalui media sosial.

“Untuk itu beliau menghimbau kita semua harus cermat dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Manfaatkan media sosial dengan bijak dan terarah,” sambungnya.

“Selamat mengikuti pelatihan Internet Sehat dan Produktif kepada seluruh peserta pelatihan. Manfaatkan pelatihan dengan sebaik baiknya, semoga pelatihan ini bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” pungkas Sekda. (MEP)

  • Bagikan