Menu
Warta Mandailing

Bupati Buka Muscablub Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Padang Lawas

  • Bagikan
Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi, CHt, MM, M.Si hadiri dan buka Muscablub Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Padang Lawas (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padang lawas – Plt Bupati Padang Lawas (Palas), drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si selaku Ketua Majelis Bimbingan Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka resmi membuka Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) Gerakan Pramuka Kwatir Cabang (Kwarcab) Palas di Aula Hotel Ar-Marwah, Sibuhuan, Rabu (9/3/2022).

Ketua Pelaksana Muscablub Padang Lawas Tahun 2022, Dermaga Lubis, S.Pd melaporakan bahwa dasar pelaksanaan Muscalub adalah Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka serta hasil pertemuan Pimpinan Kwarcab Palas dengan Kwarda Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berdasarkan Surat Gerakan Pramuka Kwartil Nasional Nomor 01163-00-B tangal 30 Juni 2021 tentang Penertiban Rangkap Jabatan Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab.

“Peserta Muscablub Palas Tahun 2022 terdiri dari Pengurus Kwarcab, Kwartir Ranting dan Satuan Karya se Kabupaten Palas,” kata Dermaga.

Sambutan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumut yang disampaikan oleh Sekretaris Bidang Organisasi dan Hukum, Ade Azmil Azhari Nasution menyampaikan terima kasih kepada Plt. Bupati Palas atas dukungan serta fasilitasi sehingga terlaksananya Muscablub tersebut.

“Bersama ini juga kami sampaikan apresiasi kepada kakak Plt. Bupati atas pengabdiannya dalam pengembangan kepramukaan di Kabupaten Palas,” ucap Ade.

Ia berharap pelaksanaan Muscablub itu dapat menghasilkan kepengurusan yang handal, cerdas, berdedikasi tinggi serta dapat merumuskan program kerja yang inovatif dan produktif sehingga mampu membentuk kaum muda yang berkarakter, peduli, serta memiliki keterampilan teknologi informasi dapat bersaing pada era Revolusi Industri 4.0.

“Kepada Ketua Kwarcab yang terpilih nantinya semoga amanah dan dapat lebih mengembangkan pendidikan kepramukaan di Kabupaten Padang Lawas serta mampu berkiprah dan berperan aktif pada event pramuka daerah dan nasional,” harapnya.

Plt. Bupati Padang Lawas juga mengucapkan selamat melaksanakan Muscablub, siapa pun yang terpilih nanti menjadi Ketua Kwarcab, ia berpesan untuk melaksanakan kepemimpinan dan tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Harapan saya program dan kegiatan yang akan dilaksanakan Kwarcab dapat berjalan selaras dengan program-program Pemkab Palas. Mari berjalan beriringan, bahu membahu untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Padang Lawas yang bercahaya,” ajaknya.

Zarnawi juga mengajak semua pihak agar turut membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran COVID-19 dengan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat atas penerapan protokol kesehatan dan menjadi garda terdepan dalam menangkal isu-isu miring tentang vaksin di tengah-tengah masyarakat.

“Terkhusus kepada para pengurus, anggota Kwarcab dan Kwartir Pramuka se Kabupaten Padang lawas mari bantu pemerintah menjadi duta vaksin COVID-19 sehingga dapat mencegah dan memutus mata rantai mutasi virus di masyarakat,” pungkas Plt. Bupati, Zarnawi. (MEP)

  • Bagikan