Menu
Warta Mandailing

9 Unit Bangunan Ludes Terbakar Dilalap Si Jago Merah di Kotanopan

  • Bagikan
9 Unit Rumah terbakar di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kotanopan (Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sebanyak sembilan unit bangunan berkonstruksi kayu di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pasar Kotanopan, Mandailing Natal (Madina) ludes terbakar Selasa (29/3/2022). Sekira pukul 2.00 Wib Dini Hari.

Bangunan yang terbakar terdiri dari rumah, toko, kedai, kelontong dan rumah makan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Namun, sebanyak tiga warga Kelurahan Pasar Kotanopan harus dilarikan ke Puskesmas dan RSUD Panyabungan untuk mendapatkan pertolongan medis. 

Warga tersebut, Usman Rinaldi (39), dirujuk ke RS Panyabungan. Usman Bajora (29) dan Masnawati (72) dirawat di Puskesmas Kotanopan. 

“Tidak sampai satu jam, api sudah membakar sembilan bangunan karena kesemuanya terbuat dari kayu hingga mudah terbakar,” kata Ranto warga setempat.

“Sebelum mobil pemadam datang, saya dan warga membantu memadamkan api namun api terus berkobar. Alhamdulillah sekira pukul 04.20 WIB, api berhasil dipadamkan setelah dibantu tim Pemadam Kebakaran (Damkar),” sambungnya.

Kerugian materi akibat kejadian ini diperkirakan mencapai Rp1 Miliar. Seluruh perabotan dan barang-barang berharga dari bangunan yang terbakar tersebut tidak bisa diselamatkan.

Penyebab kebakaran belum diketahui, untuk sementara masih dalam penyelidikan Unit Reskrim dan Intelkam Polsek Kotanopan.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kabupaten Madina, Martua Efendi Matondang S. Sos, menuturkan, Pemerintah Kabupaten Madina menurunkan tiga unit mobil damkar untuk melakukan pemadaman.

Ia menguraikan, sembilan unit bangunan yang terbakar terdiri dari rumah, toko, kedai kelontong dan rumah makan terbuat kayu itu diantaranya :

  1. Rumah makan Elsa
  2. Rumah makan Simpang 3 Raya
  3. Rumah makan Putra Minang
  4. Rumah makan Adian Bania
  5. Toko foto copy Afgan
  6. Kelontong Ical
  7. Kelontong Lian
  8. Rumah milik Masna
  9. Rumah milik Tigor

(Syahren)

  • Bagikan