Pemko Padang Sidempuan Terima Hibah Tanah dari Masyarakat Desa Simatohir

Pemko Padang Sidempuan Terima Hibah Tanah dari Masyarakat Desa Simatohir (foto: Humas)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Pemerintah Kota Padang Sidempuan menerima hibah tanah dari masyarakat Desa Simatohir, Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu, Kota Padang Sidempuan yang diserah terimakan secara simbolis di aula Kantor Walikota, Kamis (31/3/2022).

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution menyambut penuh suka cita hibah tanah tersebut. Baginya, kehadiran masyarakat Desa Simatohir bak gayung bersambut setelah Gubernur Sumatera Utara (Sumut) memberikan pengarahan pariwisata dan Pemko Padang Sidempuan melaksanakan pencanangan Desa Simatohir dan Desa Simasom sebagai Desa Wisata pada Tahun 2021 kemarin.

“Atas nama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Padang Sidempuan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh warga Simatohir,” ucapnya.

Dengan momentum ini, kata Irsan, Pemerintah Kota (Pemko) lebih dimudahkan dalam sinergi percepatan pariwisata di Kota Padang Sidempuan, serta mengekspos kearifan lokal khususnya di Kecamatan Angkola Julu.

“Apabila nanti sudah bertahap pembangunan pariwisata ini, Pemko juga berkeinginan untuk membangun Bagas Godang (Rumah Adat Khas Angkola) milik pemerintah di desa Simatohir,” ungkapnya lagi.

Adapun bantuan dari Pemprov dan Kementerian terkait, lanjut Irsan, akan lebih mudah datang apabila administrasi keseluruhuan terpenuhi. Salah satunya, kata Irsan, tersedianya lahan yang bersertifikat.

“Ikhtiar yang kita lakukan ini juga sejalan dengan yang disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi pada Musrenbang Provinsi Sumatera Utara kemarin,” ungkap walikota Irsan.

Read More

Saat itu, Gubsu mengingatkan para Bupati dan Walikota serta seluruh OPD terkait tentang visi pembangunan Sumut, yakni membangun desa menata kota. Ada delapan prioritas target capain yang harus dikejar dalam mewujudkan hal tersebut, salah satunya membangun infrastruktur wisata.

“Maka ini adalah bentuk komitmen Pemko Padang Sidempuan mendukung Visi Misi Gubernur, Pak Edy Rahmayadi mewujudkan Sumut Bermartabat,” pungkas Walikota Irsan.

Pada kesempatan itu, salah satu mewakili Tokoh Masyarakat Desa Simatohir, Parlaungan Pohan mengungkapkan, tanah yang dihibahkan tersebut merupakan sebidang Tanah Adat seluas 6000 m2 adalah keinginan dan antusiasme masyarakat Desa Simatohir yang mana telah dicanangkan sebagai Desa Wisata Rintisan beberapa waktu lalu.

“Kami juga bersepakat apabila sudah jalan proses pembangunan di desa ini, kami akan berikan lagi 2 hektar untuk dikelola pemerintah,” kata Parlaungan.

“Kami warga Desa Simatohir yakin pada kepemimpinan Bapak Walikota Irsan Efendi Nasution akan membawa perubahan dan kemajuan di Desa Simatohir khususnya, dan Kota Padang Sidempuan pada umumnya, sehingga akan banyak wisatawan yang akan datang ke tempat kami,” pungkasnya.

Penyerahan Hibah tanah itu turut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Sidempuan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Padang Sidempuan, Camat Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu, Sekretaris Baplitbangda, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kepala Desa Simatohir, Tokoh Masyarakat Simatohir dan NNB Simatohir. (r)

Related posts