Menu
Warta Mandailing

Mantan Kacabjari Sipirok Kini Jabat Kasi D Asintel Kejati Sumut

  • Bagikan
Olan Laurence Hasiholan Pasaribu, SH, MH (Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Medan – Olan Laurence Hasiholan Pasaribu, SH, MH yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Deliserdang, mendapat promosi menjadi Kepala Seksi Pengamanan Pembangunan Proyek Strategis (Kasi D) pada bidang Asisten Intelijen (Asintel) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) menggantikan Hendra Dermawan yang dimutasi ke Kejati Jawa Barat.

Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sumut, Yos Arnold Tarigan kepada wartawan menyebut, Olan Pasaribu sudah resmi dan aktif menjalankan tugas sebagai Kasi Pengamanan Pembangunan Proyek Strategis sejak bulan April 2022.

Jabatan sebelumnya sebagai Kasi Pidum Kejari Deli Serdang telah diserahterimakan kepada penggantinya Bondan Subrata, yang tadinya Kasi Intel Kejari Medan. Serahterima jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Kajari Deli Serdang, Jabal Nur pada Rabu, 30 Maret 2022 lalu.

Sementara, Olan Pasaribu yang juga pernah menjabat Kacabjari Labuhan Deli, Kacabjari Sipirok dan Kasi Intel Kejari Tapanuli Utara itu menyampaikan, dirinya siap bekerja dengan mempedomani ketentuan yang berlaku serta sesuai arahan pimpinan di bidangnya sebagai Kasi Pengamanan Pembangunan Proyek Strategis.

Dijelaskan, secara umum pola kerja Pengamanan Pembangunan Proyek Strategis dimulai ketika stakeholder yang melaksanakan pembangunan strategis menghadapi ancaman, tantangan, hambatan ataupun gangguan dalam pelaksanaan pekerjaaan pembangunan proyek tersebut.

“Dalam kondisi yang demikian, Bidang Intelijen dapat membantu pengamanannya, dalam arti memberikan bantuan penyelesaian permasalahan, terutama dari aspek hukumnya,” kata Olan yang biasa disapa dengan panggilan Ucok itu.

Menurut dia, dalam kegiatan Pengamanan Pembangunan Proyek Strategis, Bidang Intelijen juga dapat melakukan pemetaan potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap aset-aset kementerian dan BUMN yang perlu untuk dipulihkan dengan berkolaborasi bersama Jaksa Pengacara Negara (JPN) bidang Datun (perdata dan tata usaha negara).

“Pelaksanaan pembangunan strategis merupakan salah satu upaya serius dan masif yang dilakukan pemerintah dalam menghadirkan kemajuan, kesejahteraan dan keadilan sosial bagi Bangsa Indonesia,” jelasnya yang didampingi Kasipenkum. (r)

  • Bagikan