Peringatan Hari Kartini, Walikota: ” Kota Padang Sidempuan Juga Mempunyai Seorang Ibu Kartini yaitu Ibu Ida Loemongga Nasution”

  • Bagikan
Peringatan Hari Kartini, Walikota: " Kota Padang Sidempuan Juga Mempunyai Seorang Ibu Kartini yaitu Ibu Ida Loemongga Nasution" (foto: Prokopim)

WARTAMANDAILING.COM, Padang sidempuan – Walikota bersama Wakil Walikota Padang Sidempuan hadiri peringatan hari Kartini tahun 2022, yang dilaksanakan di gedung Adam Malik, Selasa (24/05/22).

Pada peringatan hari Kartini pada tahun ini bertemakan ‘Kartini Milineal Yang Tangguh, Mandiri dan Kreatif” dihadiri oleh Forkopimda, Sekdako, Para pimpinan OPD, Camat se-Kota Padang Sidempuan, dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksanaan Peringatan Hari kartini tahun 2022, Ny. Wulan Roni Gunawan Rambe menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan Hari Kartini tingkat Pemko Padang Sidempuan ini bertujuan memeriahkan peringatan Hari Kartini dan mengajak kartini milenial menjadi kartini yang tangguh.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam memeriahkan peringatan Hari Kartini ini antara lain, lomba merangkai bunga, fashion show kebaya kartini, lomba makanan dahsyat dapur sehat hadapi stunting, lomba vokal grup mengenakan pakaian kartini dan lomba video cipta dan baca puisi.

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH saat membuka kegiatan tersebut mengucapkan selamat memperingati hari Kartini khusus kepada seluruh Kartini-Kartini Kota Padang Sidempuan.

“Saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kartini kepada seluruh ibu-ibu Kartini Kota Padang Sidempuan. Kartini merupakan simbol perjuangan bangsa, dan di Kota Padang Sidempuan juga mempunyai seorang Ibu Kartini yaitu Ibu Ida Loemongga Nasution yang menyandang perempuan pribumi pertama yang bergelar Doktor dibidang kedokteran,” ungkapnya.

Walikota menambahkan sesuai dengan Thema peringatan kali ini yaitu “Kartini Milineal Yang Tangguh, Mandiri, dan Kreatif”, ia mengajak memaknai peringatan ini sebagai momentum konsentrasi bagi diri sendiri.

“Bahwa tanpa seorang Ibu kita bukan siapa-siapam” jelasnya.

Kesuksesan seorang lelaki, kata Irsan, dikarenakan adanya seorang wanita yang tangguh dibelakangnya, semoga pada peringatan hari Kartini ini lahir Kartini-Kartini tangguh di Kota Padang Sidempuan dengan life skill, keterampilan yang menetap pada diri ibu-ibu sekalian.

“Karena emansipasi wanita dan kesetaraan gender menjadi wujud nyata yang harus diaplikasikan baik di Pemerintahan maupun di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya lagi.

“Semoga dengan diselenggarakannya peringatan Hari Kartini ini memperoleh manfaat dan kebaikan bagi kita semua,” tandas Walikota.

Amatan awak media, dalam peringatan Hari Kartini tersebut, diadakan berbagai macam perlombaan, seperti fashion show tingkat anak-anak, perlombaan lagu Kartini dan juga lagu daerah oleh seluruh instansi Pemerintahan, serta perlombaan lainnya. (r)

Editor: Paruhum
  • Bagikan