Menu
Warta Mandailing

Parwan Bangun Harahap, SH: “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia sebagai Upaya untuk Senantiasa Mengingat Sejarah Kelahiran Pancasila”

  • Bagikan
Pengacara Muda, Parwan Bangun Harahap, SH (Foto: Dokumentasi Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan -Tanggal 1 Juni adalah hari lahir Pancasila yang selalu diperingati sebagai hari bersejarah untuk bangsa Indonesia. Bukan saja karena Pancasila adalah sebagai lambang negara, juga karena sila dari Pancasila adalah sebagai dasar bagi seluruh bangsa Indonesia dalam menjalankan hak dan kewajibannya sebagai rakyat Indonesia.

Memperingati momen ini, Advokat Parwan Bangun Harahap, SH & Rekan yang beralamat di Jalan Permata Indah Batunadua Jae, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Kota padang Sidempuan mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila.

Menurutnya, hari Pancasila yang jatuh tiap tanggal 1 Juni dengan mengangkat tema ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia‘ sebagai upaya untuk senantiasa mengingat sejarah kelahiran Pancasila.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila yang kita jadikan sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Parwan.

Parwan mengatakan, berbekal konsep hidup berbangsa dan bernegara yang salah satunya di dasarkan pada ke-5 sila dari Pancasila, oleh karenanya sebagai bagian dari insan hukum yang ada di Indonesia, baginya Pancasila harga mati. 

“Hari Lahir Pancasila adalah juga sebagai bentuk penghormatan kita bahwa rangkaian peringatan momen ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang terus-menerus untuk menghadapi permasalahan oleh bangsa Indonesia di hari ini dan kemudian hari,” paparnya lagi.

Sebagai rakyat dan bangsa Indonesia, lanjut Parwan, tentu harus memahami makna hari Lahir Pancasila dengan menjunjung tinggi Pancasila, yang bukan hanya dimaknai sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, melainkan juga menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari–hari.

“Semangat Pancasila menjadi begitu penting untuk terus ditanamkan dalam hati kita, bahwa pancasila sebagai sumber hukum bagi bangsa Indonesia. Cintailah Indonesia beserta pancasila sebagai semboyan dasar dan sebagai sumber hukum bangsa Indonesia,” pungkas Parwan. (Nas)

  • Bagikan