Walikota Padang Sidempuan Launching Penyerahan BLT Bersama Kejaksaan Negeri dan PT Pos kepada 1700 Keluarga Penerima Manfaat

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution secara resmi me-launching penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) penanganan dampak Inflasi, Jum’at (28/10/2022) di Kantor Pos Padang Sidempuan.

Dalam sambutannya Wali Kota Irsan menyampaikan, Launching Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) menggandeng PT Pos Padang Sidempuan dan Kejaksaan Negeri Padang Sidempuan dimana kita ingin proses penyaluran bantuan ini berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun, katanya.

Beliau menambahkan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT ini sebanyak 1700 Keluarga di seluruh kelurahan di Kota Padang Sidempuan yaitu 37 Kelurahan, katanya.

Wali Kota Irsan juga menjelaskan , diawal Bulan Oktober Pemerintah Pusat menaikkan harga BBM sekaligus ada perintah kepada Pemerintah Daerah agar mengalokasikan 2% Dana Transfer Umum untuk membantu Keluarga yang menurut kriteria behak untuk kita bantu agar dampak kenaikan BBM ini dalam konteks pengendalian inflasi Pemda berkewajiban untuk menyalurkannya, katanya.

“2% Dana Transfer Umum Kota Padang Sidempuan mengalokasikan 2 Miliar 600 Juta Rupiah, ada 3 Program yaitu, Bantuan Langsung Tunai, Bantuan Untuk Transportasi, dan Bantuan untuk Kelompok Tani”, ucapnya.

Khusus BLT yang dialokasikan masing-masing KPM menerima RP. 150.000 yang mana kita bayarkan sekaligus 3 Bulan dengan jumlah Rp.450.000. 

“Kami sampaikan juga agar tidak menjadi permasalahan, karena Pemko Padang Sidempuan tidak mempunyai sumber daya untuk penyaluran bantuan ini kepada masyarakat maka kita bekerja sama dengan Kantor Pos karena bantuan sosial lainnya PT Pos sudah memiliki pengalaman dalam hal penyaluran bantuan ini. Namun seperti yang disampaikan Pak Manager dikenakan biaya admistrasi karena menggunakan Layanan Wesel Pos sehingga yang akan diterima Bapak Ibu adalah sebesar Rp. 436.000”, ujar Wako Irsan.

Read More

Untuk itu dengan adanya bantuan ini dapat membantu perekonomian masyarakat dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, harap Wako Irsan Efendi.

Eksekutif Manager PT Pos Padang Sidempuan Hamdani Suseno melaporkan, bahwa PT Pos telah ditunjuk untuk menyalurkan bantuan BLT kepada KPM, dan untuk layanan penyaluran yang digunakan adalah Wesel Pos yang dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 14.000. Untuk jumlah bantuan yang akan diberikan sebanyak Rp.450.000 untuk 3 Bulan sehingga yang diterima Bapak-Ibu nantinya adalah sebesar Rp. 436.000.

“Hal ini perlu saya sampaikan sehingga bapak-ibu penerima PKM tidak bertanya-tanya tentang jumlah yang diterima. Kemudian, Wesel Pos ini mempunyai keunggulan, Bapak-Ibu tidak perlu repot-repot mengurus rekening bantuan bisa langsung dicairkan dengan Wesel Pos ini”, katanya. 

Hadir Mewakili Kajari, Eksekutif Manager PT Pos Padang Sidempuan, Kadis Sosial, Kaban Baplitbangda, Kadis Kominfo. (r)