Walikota Hadiri Bimtek PMPRB Kota Padang Sidempuan di Hotel Mega Permata

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – “Cita-cita untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik membutuhkan komitmen nyata dan perbaikan berkesinambungan pada berbagai aspek tata kelola pemerintahan”.

Hal itu disampaikan Walikota Padang Sidempuan saat memberikan arahan pada kegiatan Bimtek Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Kota Padang Sidempuan di Hotel Mega Permata, Jum’at (9/12).

Menurutnya implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (sakip) juga merupakan bagian dari transformasi cara dan budaya kerja melalui penerapan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran  berbasis kinerja. seluruh instansi pemerintah dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil. hal ini sejalan dengan sasaran prioritas pembangunan yaitu peningkatan efektivitas dan efisiensi pemerintah dengan menjamin APBN yang fokus.

“Pada hari selasa tanggal 06 desember 2022 telah diumumkan hasil evaluasi SAKIP dan RB secara daring oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB), dan alhamdulilah Pemko Padang Sidempuan mendapat predikat B untuk SAKIP dan predikat cc untuk RB”, Ungkap Wako Irsan.

Wako Irsan meminta kepada seluruh perangkat daerah senantiasa siap  dan  proaktif untuk segera   benahi   dan   lengkapi   komponen-komponen   yang mendukung   peningkatan   kualitas   rb dan sakip baik dalam kebijakan maupun hal teknis, karena pelaksanaan reformasi   birokrasi yang baik juga menjadi   indikator   dan   bahan   pertimbangan   pemerintah pusat dalam  mengalokasikan  dana  insentif  daerah  (did) yang  akan  mempengaruhi  kelancaran  pembangunan  daerah.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Padang Sidempuan Komarrudin menjelaskan bahwa saat ini sistem birokrasi di Pemerintahan sudah semakin maju. Tidak peduli usia dan jabatan, setiap ASN harus bertanggung jawab untuk mampu mengakses sistem birokrasi ini.

Salah satu kapasitas yang harus dimiliki adalah Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Secara Online. Sistem ini untuk mengukur kinerja ASN dalam evaluasi secara berkala. Dimana sudah ditetapkan oleh KemenpanRB.

Read More

“Karena itu dihadirkan beberapa narasumber yang berasal dari pusat untuk memberikan pemahaman kepada peserta yang hadir,” ujar Komar.

Hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut Wakil Walikota Padang Sidempuan Ir. Arwin Siregar MM, Asisten dan Pimpinan OPD Se Kota Padang Sidempuan. (r)