Camat Natal Serahkan 19 SK PJ Kepala Desa

Camat Natal menyerahkan surat keputusan (SK) Bupati kepada 19 Pejabat Sementara (PJs) Kepala Desa di Kecamatan Natal.fhoto : Ali.
Camat Natal menyerahkan surat keputusan (SK) Bupati kepada 19 Pejabat Sementara (PJs) Kepala Desa di Kecamatan Natal.fhoto : Ali.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Camat Natal menyerahkan surat keputusan (SK) Bupati kepada 19 Pejabat Sementara (PJs) Kepala Desa di Kecamatan Natal, Penyerahan SK tersebut digelar di Aula Kantor Camat Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (14/3/2023).

Diketahui kegiatan penyerahan SK sekaligus serah terima jabatan (sertijab) kepala Desa yang purna bakti ke pejabat Kepala Desa yang baru menerima Mandat SK PJs.

Penyerahan SK tersebut dipandu oleh salah satu staf Kecamatan Natal, Daflan. Dilanjutkan dengan dengan sambutan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Setia Karya, Adnan.

“Mewakili BPD Se-Kecamatan Natal mengucapkan terimakasih atas baktinya pada desa masing-masing. Selamat datang dan bekerja di desa masing-masing Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa.”ucap Adnan.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan kepada BPD di Kecamatan Natal untuk memberikan penjelasan kepada warganya bahwa pengangkatan Pjs Kepala Desa merupakan wewenang Kepala Daerah (Bupati). Hal ini dikarenakan menurutnya banyak pengusulan nama-nama Penjabat sementara dari desa yang tidak terakomodir.

Selanjutnya sambutan dari Kades purna bakti yang diwakili oleh mantan Kepala Desa Sikara-kara I, Nurul Mahmudi.

“Terimakasih atas kesempatan yang diberikan, kami memohon maaf jika selama masa bakti kami ada kesalahan. Saya juga mewakili para Kepala Desa purna bakti mengucapkan selamat kepada para Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa yang baru. Semoga dapat meneruskan program yang sudah berjalan dan meningkatkannya serta bersinergi baik di desa,” kata Nurul Mahmudi.

Read More

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari salah satu Pjs Kades yang diwakili Pjs Kades Sukamaju, Rasidin, S.Pd.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih serta memohon petunjuk dari Purna Kades kepada para Penjabat sementara (Pjs) Kades untuk dapat membimbing nantinya di Desa masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Camat Natal, Ali Sahbana Nasution, S.P menyampaikan kepada Pjs Kades agar dapat merangkul semua kalangan dan berbaur dengan masyarakat desa.

“Silahkan berbaur dengan masyarakat. Tetap menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan para BPD serta pihak pemerintah kecamatan.”ucap Ali Sahbana, S.P.

Lanjut Sahbana, untuk segera merencanakan program kerja. “Diharapkan sebelum lebaran Idul Fitri pencairan Dana Desa terutama BLT bisa disalurkan kepada warga. Selain itu Sahbana mengatakan agar laporan aset-aset desa juga diprioritaskan, apa-apa yang sudah dibelanjakan agar terdata dengan baik sesuai arahan Dinas PMD Kabupaten Mandailing Natal.

Ali Sahbana Nasution, S.P juga menerangkan Surat Keputusan (SK) Pjs Kades di kecamatannya yang akan dibagi ada 19 desa, masih ada satu desa yang masih proses penerbitan SK Pjs.

Sementara itu Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Madina di Natal. Beliau memberi pesan agar dapat bersinergi satu sama lainnya dalam pelaporan pengelolaan Dana Desa.

Ditempat yang sama, Komandan Koramil (Danramil) 17 Natal, Letda Elwan yang merupakan Danramil baru menggantikan Letda Aries Budiarso, menyampaikan kepada Pjs Kades agar dapat menjalin keamanan ketertiban di desa yang dipimpinnya.

Acara ditutup dengan doa dari perwakilan KUA Natal oleh Wildansyah. Turut hadir dalam acara tersebut Camat Natal, Ali Sahbana Nasution, S.P, Kacabjari Madina di Natal Darmadi Edison, S.H, M.H, Danramil 17 Natal Letda Elwan, Korwil XVI Dinas Pendidikan Irawardi, S.Pd, mewakili Kapolsek Natal, mewakili Satpol Airud, Paur Opskamla Posal TNI Natal dan Para Kepala Desa purna bakti serta Pjs Kepala Desa dari 19 Desa di Kecamatan Natal. (Ali)