Zulkifli Tanjung : Belasan Tahun Keliling Nusantara Pakai Sepeda Ontel

Zulkifli Tanjung (46) asal Sumbar belasan tahun menjelajah Nusantara dengan bersepeda Ontel tiba di Madina Sabtu (18/3/2023) fhoto : Syahren.
Zulkifli Tanjung (46) asal Sumbar belasan tahun menjelajah Nusantara dengan bersepeda Ontel tiba di Madina Sabtu (18/3/2023) fhoto : Syahren.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Zulkifli Tanjung pria paruh baya pengayuh sepeda ontel tiba di Kabupaten Mandailing Natal dalam menjalankan misi nasionalismenya mengelilingi Nusantara dengan menggunakan sepeda.

Pria asal jorong Lubuak Anyia, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam provinsi Sumatra Barat, kelahiran Pangkalan Brandan Sumatera Utara, 10 September 1976 ini, tiba di Desa Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan, Kab Madina Sabtu, (18/3/2023) Siang.

Zulkifli menjelaskan, misinya mengelilingi Indonesia untuk bersilaturahmi dengan masyarakat sekaligus untuk kampanye jauhi narkoba karena ini bisa merusak generasi bangsa termasuk para pemuda di kabupaten Mandailing Natal.

“Sejak tahun 2011 saya sudah berkeliling Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke pakai sepeda ontel ini.”ujar Zulkifli yang sudah lama ditinggal mati istri ini.

Zulkifli menceritakan, dirinya merupakan atlet Nasional sepeda pada jaman menteri pemuda dan olahraga republik Indonesia (Menpora RI) Andi Maralanggeng, saat masih aktif sebagai atlet sepeda dari Sumbar, ia mengikuti beberapa event perlombaan sepeda dan sempat beberapa kali mendapat piagam dan penghargaan.

“Bersepeda keliling Indonesia dengan tujuan untuk memotivasi para pemuda bahwa pentingnya berolahraga dan menjaga kesehatan. Ketika ditanya ada nggak tanda penghargaan itu?, “Kaos Piagam penghargaan dari Menpora ada.”ungkap Zulkifli sambil menunjuk box di sepeda bagian belakang.

Bahkan, pesepeda asal sumbar yang sudah 12 tahun keliling Indonesia ini memiliki ragam penghargaan, mulai dari gubernur, Bupati, Walikota, Kepolisian hingga komunitas pesepeda Indonesia.

Read More

“Salam hormat, dan izin kehadiran saya di Madina, semoga saya bisa diterima dengan baik masyarakat disini.”sebut Mantan Atlet Sepeda Nasional ini.

Setiap daerah kota dan kabupaten yang dilalui, dirinya selalu berupaya untuk bisa ketemu dengan para pejabat di wilayah kabupaten kota tersebut.

“Untuk Madina kalau ada waktu dan kesempatan, saya akan coba ketemu dengan beberapa pejabat disini.”tutupnya.

Zulkifli Tanjung pengayuh sepeda jelajah Nusantara dalam rangka menjalin silaturahmi dan menumbuhkan rasa nasionalisme untuk kita semua,

“Nusantara dari Sabang sampai Merauke, NKRI, Jauhi Narkoba Seluruh Indonesia Untuk Kita Semua” begitu yang tertulis pada sebuah plat Viber tipis berwarna putih berbentuk persegi panjang dibagian depan sepedanya.

(Syahren)