Warga Swadaya Perbaiki Jalan Abrasi Tergerus Akibat Hujan Lebat

Warga Lumban Dolok Swadaya Perbaiki Jalan Abrasi Akibat tergerus hujan lebat, fhoto : Istimewa.
Warga Lumban Dolok Swadaya Perbaiki Jalan Abrasi Akibat tergerus hujan lebat, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Akses jalan di Desa Lumban Dolok menuju Desa Aek Ngali Kecamatan Panyabungan Selatan, Kab Madina dilaporkan semalam diguyur hujan lebat, akibatnya material dan bahu jalan mengecil disebabkan tergerus air yang cukup deras, Selasa (21/3/2023)

Menurut warga jalan itu tergerus air deras dan bahkan longsor akibat tidak adanya dek penahan tanah, jalan yang rusak itu tepatnya diareal Jembatan Aek Pulogos yang baru dibangun pada tahun anggaran 2022 lalu.

“Diareal jalan ini tidak ada dek penahan tanah, akibat hujan deras semalam jalan ini longsor dan paginya sulit dilalui warga.”ujar Udin pedagang warung kopi diareal jembatan Aek Pulogos.

Lanjut Udin, dengan kondisi demikian warga pun terpaksa bergotong royong memperbaiki jalan dengan peralatan seadanya agar akses itu tetap bisa dilalui pengguna jalan.

“Memperbaikinya secara swadaya oleh warga dengan bergotong royong, agar akses ini tetap bisa dilalui warga.”jelas Udin.

Sementara Sahnul menambahkan, ruas jalan Kayulaut-Sirambas itu kemarin sudah ada mobil hampir jatuh akibat jalan sudah sempit yang disebabkan tanahnya longosor.

“Warga telah melakukan perbaikan dengan cara bergotong royong mengisi karung dengan tanah dan pasir lalu disusun dipinggir bahu jalan sebagai upaya pembenahan sementara.”ujarnya.

Read More

Perbaikan jalan ini, kata Sahnul menggunakan dana swadaya dari warga, sebab menurutnya kalau ini dibiarkan bisa mengancam keselamatan bila seterusnya tidak ada perbaikan.

Warga berharap ada perhatian khusus untuk kelanjutan pembangunan akses ruas jalan Kayulaut-Sirambas, sebab mereka khawatir bila ini berlama-lama bisa mengancam keselamatan pengguna jalan.

(Syahren)

Related posts