Terima Audiensi BPS Kota Padang Sidempuan, Walikota Berharap Masyarakat Memberikan Data Sebenarnya

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution menerima Audensi Kepala BPS Kota Padang Sidempuan di ruang rapat Walikota, Kamis (6/4/2023).

Kepala BPS Padang Sidempuan Hafsyah Aprillia mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan sosial ekonomi melalui regsosek (registrasi sosial ekonomi) pada bulan Oktober hingga November 2022.

Dan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial tetapi juga data sosial ekonomi keluaraga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah.

Untuk tahapan selanjutnya, Hafsyah menambahkan, FKP Regsosek (Forum Konsultasi Publik Registrasi Sosial Ekonomi) akan dilaksanakan pada bulan Mei ini.

“Dengan tujuan untuk memperoleh kesepakatan pada hasil pemeringkatan keluarga pendataan awal Regsosek. Melalui Regsosek, perwujudan perlindungan sosial yang Adaptif, akan semakin konkrit,” ungkapnya.

Walikota Irsan menyampaikan agar yang terlibat di FKP Regsosek adalah pertama Fasilitator, yang terdiri dari Kades/Lurah. Kedua Administrator terdiri dari Pegawai BPS, ketiga, peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga desa, babhinkamtibmas.

“Pemko Padang Sidempuan selama ini telah membangun kolaborasi dengan BPS untuk menghimpun data yang juga dibutuhkan untuk mensejahterahkan masyarakat sehingga tidak ada lagi disparitas ekonomi,” tuturnya.

Read More

“Saya berharap ada kesungguhan bersama dari seluruh masyarakat untuk menangani kemiskinan dengan memberikan data sebenarnya kepada BPS,” tandasnya.

Irsan menginginkan agar program peningkatan kompetensi aparatur Desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran serta dengan tujuan mampu mengimplementasikan kaidah Statistik dengan benar pada level terkecil. (r)

Related posts