Indahnya kebersamaan, Forkopimcam dan Warga Perbaiki Jembatan Rusak di Batahan

Forkopimcam dan warga sekitar gotong royong perbaiki jembatan simpang kordes, Batahan, sabtu (8/4/2023) fhoto : istimewa.
Forkopimcam dan warga sekitar gotong royong perbaiki jembatan simpang kordes, Batahan, sabtu (8/4/2023) fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Forkopimcam dan sejumlah warga serta pengguna rambin bergotong royong memperbaiki jembatan gantung di Desa Muara Pertemuan, Kecamatan Batahan, Kab Madina, Sabtu (8/4/2023).

Jembatan simpang kordes penghubung ke pusat kecamatan batahan ini mendesak untuk diperbaiki, mengigat di beberapa titik bagian lantai sudah berlubang dan membahayakan warga yang melintasi.

Pj Kades Batahan 1, Muhammad Angin Bugis Lubis menyampaikan, perbaikan jembatan ini merupakan Kolaborasi Muspika Kec. Batahan, PT Palmaris Raya, Pj, Kepala Desa Batahan 1 – 2 – 3 dan Desa Muara Pertemuan.

“hari ini telah dimulai perbaikan, hasil kesepakatan saat survei kemarin PT.Palmaris membantu alat las, sementara masyarakat menyiapkan papan untuk perbaikan lantai.”ujar Angin Bugis.

Dijelaskan, jembatan gantung ini merupakan jembatan kayu yang sudah mulai rapuh sehingga perlu diadakan perbaikan ataupun pergantian papan dan penyambungan besi yang putus demi keamanan dan kenyamanan masyarakat saat melintas.

“Ada beberapa titik lubang di jembatan ini, kayu pun sudah banyak yang lapuk termakan usia, besi penyangga putus sehingga membahayakan warga yang melintas, seperti kemarin penjual ikan keliling jatuh di jembatan ini.”tuturnya.

Sementara Camat Batahan irsyal Pariadi S.STP menuturkan, iya sedang diperbaiki, dengan adanya perbaikan ini memberikan ketenangan kepada masyarakat yang melewati jembatan, sehingga tidak ada lagi perasaan was-was celaka saat melintas.

Read More

Camat pun mengapresiasi pihak yang terlibat gotong royong, diharapkan setelah diperbaiki akan menghindari kecelakaan pengguna jembatan.

“Selain itu, hari ini sudah bisa dilalui, masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar dan aman, tanpa khawatir dengan jembatan yang rusak.”ujar irsyal.

Terpisah, seorang pengguna jembatan, Sobirin menuturkan, jembatan gantung ini merupakan akses utama warga di 9 Desa, jalan penghubung menuju Ibukota kecamatan, rambin ini ramai dilalui masyarakat apalagi hari pekan untuk belanja ke pasar batahan.

“Ini akses penyeberangan warga Desa Batu Sondet, Bintungan Bejangkar, Kampung Kapas, Kampung Kapas 1, Banjar Aur, Batahan 1, Batahan 2, Batahan 3, Batahan 4 dan pegawai PT. PTPN 4 serta karyawan PT Palmaris Raya.”ujar Sobirin.

Lanjut, kata Sobirin, jembatan ini dulu memang pernah diperhatikan pemda pada tahun 2016 lalu, saat itu ada pembangunan rabat beton di pangkal jembatan dan rehab sebagian lantai.

“Terakhir perbaikan jembatan ini sekitar tahun 2016, saat itu warga juga ikut bergotong royong, kami berharap jembatan ini sudah seharusnya diganti, kalau bisa seperti jembatan yang ada di Desa Rumbio.”harap sobirin. (Syahren)