Karena Sakit, Satu Orang Calhaj Asal Kotanopan Ditunda Keberangkatannya Ke Asrama Haji Medan

Calon jemaah haji diberangkatkan dari kecamatan Kotanopan menuju Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan seterusnya akan bergabung dengan beberapa calon jemaah haji dari beberapa kecamatan lainnya yang dijadwalkan akan dilepas menuju Embarkasi Haji Medan. Senin (22/5/2023) fhoto : Warta Mandailing.
Calon jemaah haji diberangkatkan dari kecamatan Kotanopan menuju Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan seterusnya akan bergabung dengan beberapa calon jemaah haji dari beberapa kecamatan lainnya yang dijadwalkan akan dilepas menuju Embarkasi Haji Medan. Senin (22/5/2023) fhoto : Warta Mandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dikarenakan sakit, satu orang Calon Jemaah Haji ( Calhaj ) asal Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal terpaksa ditunda keberangkatannya menuju asrama Haji Medan.

Seharusnya, calon jemaah tersebut akan bergabung bersama rombongan 360 calon jemaah haji asal Mandailing Natal yang akan berangkat menuju Asrama Haji Medan pada Senin (23/5/2023).

Calhaj tersebut bernama Rohani (82) binti Mad Nusin berasal dari Desa Manambin Kecamatan Kotanopan. Saat ini kondisi Rohani dalam keadaan sakit dan nanti kalau sudah sembuh rencana calhaj tersebut akan di berangkatkan dengan kloter 18 selanjutnya.

Hal ini itu di sampaikan Kepala Kantor Urusan Agama ( KUA) Kotanopan Muhammad Ikhwan Lubis saat memberi sambutan pada pemberangkatan 28 Calhal asal Kecamatan Kotanopan bertempat di aula Kantor Camat Kotanopan, Senin ( 22/5/2023).

Calon jemaah haji diberangkatkan dari kecamatan Kotanopan menuju Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan seterusnya akan bergabung dengan beberapa calon jemaah haji dari beberapa kecamatan lainnya yang dijadwalkan akan dilepas menuju Embarkasi Haji Medan.

Para calhaj itu dilepas oleh Camat Kotanopan Pangeran Hidayat bersama Kapolsek Iptu P.Ritonga, mewakili Danramil 014, Kapuskesmas dr. Saleh Usman Parinduri, Korwil VIII Dinas Pendidikan Hj.Wahdeni dan unsur pemerintahan Kotanopan lainnya.

Juga hadir Kepala KUA Kotanopan M.Ikhwan Lubis, jajaran pengurus MUI Kotanopan H.Parlaungan Lubis,tokoh masyarakat H.Khoiruddin Nasution dan H.Reza Fahlewi Lubis serta undangan terkait lainnya.

Read More

“Jumlah calon jemaah haji asal Kotanopan ada sebanyak 28 orang dengan petugas, satu orang di tunda keberangkatannya karena sakit, yaitu ibu Rohani asal Desa Manambin. Rencana kalau kondisi calon jemaah haji yang tertunda ini jika sembuh akan di berangkatkan pada kloter 18 nanti.”ujar kepala KUA Kotanopan M. Ikhwan Lubis.

Hasil pantauan, suasana haru dan derai air mata terlihat di wajah para ibu-ibu yang mengantarkan dan melepaskan orang tua dan anggota keluarga lainnya yang menjadi calon jemaah haji (calhaj) Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2023 itu.

Mereka terlihat saling berpelukan dan bermaaf-maafan untuk melepas anggota keluarganya menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

Dalam kesempatan pemberangkatan itu, Camat Kotanopan Pangeran Hidayat bersama dua tokoh masyarakat Kotanopan H.Khoiruddin Nasution dan H.Reza Fahlewi Lubis mengharapkan para calhaj tetap menjaga kesehatan, kesabaran dan kekompakan selama berada di tanah suci.

“Alhamdulillah, waktu yang dinanti sudah tiba yaitu berangkat ke tanah suci. Kami doakan yang terbaik, semoga calhaj selalu diberikan kesehatan, kembali ke Kotanopan dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” ucap Pangeran Hidayat.

Pangeran pun berharap seluruh calhaj dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan diberi kemudahan. Dia juga berpesan agar calhaj memperhatikan jadwal, waktu maupun peraturan selama di tanah suci.

” Keberangkatan ini harus disyukuri, ikhlaskan jiwa dan hati karena akan menjadi tamu Allah .Banyak berdoa, jaga kesehatan, kekompakan dan kebersamaan sesama calhaj .Selamat menjalankan rukun Islam kelima. Semoga sehat selalu, pulang dengan selamat dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga di kampung halaman ,” pintanya. (M.Lubis).