Tiga Tahun Mengidap Penyakit, Perut Sawiyah Terus Membesar

Forkopimcam Kotanopan antar ibu Sawiyah berobat ke Rumah Sakit Umum Panyabungan, Sabtu (3/6/2023) malam, fhoto : istimewa.
Forkopimcam Kotanopan antar ibu Sawiyah berobat ke Rumah Sakit Umum Panyabungan, Sabtu (3/6/2023) malam, fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sawiyah (40) warga Desa Gading Bain, Kecamatan Kotanopan, Kab Madina, sudah tiga tahun mengidap penyakit, perutnya terus membesar. Sebelumnya, pihak keluarga sudah sering membawanya berobat ke UPT.Puskesmas Kotanopan, RSUD Panyabungan dan sampai ke Rumah Sakit kota Medan, Namun, belum juga ada perubahan.

Hal ini disampaikan Pj. Kepala Desa Gading Bain Ahmad Halis Lubis yang dihubungi, Minggu (4/6/2023) menyusul diketahui keberadaan warganya yang sudah di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan Sabtu, ( 3/6/2023 ) malam untuk mendapatkan perawatan khusus.

Menurutnya, sekitar seminggu yang lalu pihaknya juga sempat mendatangi pihak keluarga sekaligus menyarankan agar Sawiyah dibawa berobat, namun pihak keluarga saat itu mengatakan untuk sementara fokus dulu berobat di kampung.

“Pekan lalu, kami mendatangi pihak keluarganya agar Sawiyah dibawa berobat, tapi saat ini mereka mengatakan untuk sementara Sawiyah fokus berobat kampung. Terkait dengan biaya, sepengetahuan kami Sawiyah menggunakan BPJS Mandiri.”ucapnya.

Hal yang sama juga dibenarkan oleh Kepala UPT. Puskesmas Kotanopan dr. Saleh Usman Parinduri bahwa pasien atas nama Sawiyah ini sudah sering berobat ke Puskesmas Kotanopan.

Terkait dengan penyakit yang diderita Sawiyah disebut dengan Sirosis Hepatitis (gangguan hati). Penyebab perutnya membesar karena adanya penumpukan cairan di perut akibat gangguan hati.

“Tadi malam kita sudah koordinasi dengan dokter Rumah Sakit, yang bersangkutan akan mendapatkan pengobatan.Tapi kalau tidak memungkinkan nanti, pasien bisa saja dirujuk ke Rumah Sakit di Kota Medan. Kita tunggu saja hasil pemeriksaaan dokter RSUD Panyabungan.”ujarnya.

Read More

Sementara Camat Kotanopan Pangeran Hidayat juga membenarkan bahwa Sawiyah penderita Sirosis Hepatitis sudah di rujuk ke RSUD Panyabungan. “Tadi malam kita bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Kotanopan sudah membawa Sawiyah ke RSUD Panyabungan untuk mendapatkan pengobatan.”tuturnya.

Terkait tindakan selanjutnya, Camat Pangeran menyebutkan, bahwa pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dokter RSUD Panyabungan.“ Mudah-mudahan penyakit yang diderita Sawiyah bisa tertangani dengan baik. Kita juga akan terus memantau sekaligus berkoordinasi dengan pihak RSUD Panyabungan, bagaimana perkembangan kesehatan Sawiyah ini.”ungkapnya.

Pangeran Hidayat, berharap doa dari masyarakat, utamanya dari masyarakat Kotanopan agar Sawiyah benar-benar diberikan kesembuhan dari sakitnya. “ Sebab, yang bersangkutan sudah hampir tiga tahun menderita penyakit ini. Pihak keluarga juga sudah membawa Sawiyah berobat sampai ke Medan, namun sakitnya belum ada perubahan.’terangnya.

Diketahui, Sawiyah (40) warga Desa Gading Bain Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal yang selama ini menderita penyakit perut membesar sudah di rujuk ke RSUD Panyabungan untuk mendapatkan pelayanan dan perawatan khusus.

Sawiyah langsung di antar menggunakan mobil ambulance milik UPT Puskesmas Kotanopan. Selain didampingi keluarga, terlihat juga Camat Kotanopan Pangeran Hidayat, Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga, Kepala UPT. Puskesmas Kotanopan dr. Saleh Usman Parinduri dan Pj. Kepala Desa Gading Bain Ahmad Halis Lubis ikut mengantar ibu dua anak ini ke Rumah Sakit Umum daerah Panyabungan. (M. Lubis).