Gelar Sertijab, Camat Kotanopan Ingatkan Istri Kades Jangan Minta Dana Desa

Camat Kotanopan Pangeran Hidayat bersama Forkopincam Kotanopan ketika menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima jabatan kepala desa di aula kantor Camat Kotanopan, Kamis ( 09/11/2023) sore. (Wartamandailing/ Munir Lubis).
Camat Kotanopan Pangeran Hidayat bersama Forkopincam Kotanopan ketika menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima jabatan kepala desa di aula kantor Camat Kotanopan, Kamis ( 09/11/2023) sore. (Wartamandailing/ Munir Lubis).

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Pemerintah Kecamatan Kotanopan menggelar serah terima jabatan (sertijab) dari Penjabat kepala desa kepada 24 kepala desa terpilih (defenitif) periode 2023-2028 di wilayah Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, di Aula Kantor Camat setempat, Kamis (09/11/2023) sore.

Hadir dalam kegiatan Camat Kotanopan Pangeran Hidayat bersama Muspika Kecamatan Kotanopan, Sekcam Bahren Daulay, ketua TP PKK Kotanopan, Kapuskesmas dr. Saleh Usman Parinduri, kepala KUA Ahmad Ikhwan Lubis, para TP PKK desa, pendamping desa lokal, tokoh masyarakat beserta undangan lainnya.

Keterangan diperoleh di kantor Camat Kotanopan Jum’at (10/11/2023), sertijab dilakukan secara simbolis, ditandai dengan penandatanganan bersama berita acara serah terima diwakili tiga desa yakni Desa Hutapuli, Sabadolok dan Tobang. Selain Penjabat kepala desa dan kepala desa defenitif, ikut mendatangani berita acara sertijab Camat Kotanopan, mewakili Kapolsek dan Danramil 014 Kotanopan serta Kepala KUA Kotanopan.

Seperti diketahui, sertijab bagi 24 kades menyusul telah dilantiknya 256 kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak tahun 2023 oleh Bupati Madina HM. Jafar Sukhairi Nasution di Gedung Serbaguna Amru Daulay Desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan, Jum’at ( 27/10/2023) lalu.

Dalam kesempatan itu Camat Kotanopan Pangeran Hidayat mengingatkan istri kepala desa jangan meminta bagian dana desa kepada suami apabila dana sudah dicairkan, karena dana desa itu bukan untuk digunakan bagi kepentingan pribadi, tapi itu adalah uang rakyat dan diperuntukkan untuk kepentingan rakyat.

Kata dia, tugas kepala desa sangat berat. Peran dan support seorang istri bagi kepala desa sangat besar untuk menyelesaikan tugas dan menjalankan roda pemerintahan. Istri juga harus menjaga nama baik suami dan memberi dukungan penuh dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

“Istri kepala desa memiliki peran penting dalam mensupport kepala desa dalam mengelola pemerintahan desa. Dukungan istri sangat penting dalam baik buruknya jalannya roda pemerintahan di desa masing-masing ,” ujarnya.

Read More

Camat kotanopan juga mengucapkan selamat kepada desa defenitif dengan harapan bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan tetap mengedepankan kesungguhan, keikhlasan, kekeluargaan dan kebersamaan dalam membangun desa.

Kepala desa terpilih juga diharapkan untuk mendukung program pemerintah seperti mendukung penerapan shalat subuh berjemaah dan menjalin kerjasama dengan semua elemen yang terdapat di desa masing-masing.

Juga harus menjalin komunikasi dan silaturrahmi yang baik dengan semua elemen masyarakat terutama dalam mendinginkan efek politik di tingkat desa. Kades terpilih harus mampu mengikis pengkotak-kotakan dan gesekan politik yang ada di desa, juga bisa merangkul dan mengayomi masyarakat.

“Tidak kalah penting menjalin kerjasama yang baik dengan Penjabat kepala desa agar roda pemerintahan berjalan dengan baik Kami berharap masyarakat dapat kembali bersatu dan melanjutkan pembangunan di desa ,” ucapnya.

Sementara Abu Hasan Ansari mewakili Penjabat kepala desa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua komponen masyarakat, utamanya kepada Forkopincam Kotanopan yang telah memberikan kepercayaan kepada mereka dalam memimpin desa selama ini.

“Atas nama 24 Penjabat kepala desa, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tugas kami selama menjadi kepala desa.“ Kami siap bekerjasama dengan Kepala Desa defenitif untuk melanjutkan pembangunan desa ,” terangnya.

Sedangkan Kepala Desa Hutarimbaru SM Pahrisal Lubis mewakili kepala desa terpilih menyampaikan bahwa menjadi kepala desa adalah tugas yang berat dan penuh tanggung jawab. Sehingga mereka mengambil komitmen penuh untuk melaksanakan tugas ini dengan dedikasi dan integritas yang tinggi.

“Kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat ini, kiranya dapat kami jalankan dengan sebaik-baiknya dengan cara bekerja sepenuh hati dan ikhlas memimpin serta melayani masyarakat. Kami siap bersatu padu dan berkolaborasi dalam pembangunan Kecamatan Kotanopan untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan ,” tuturnya. (Munir Lubis).